Ketika Cak Imin Minta Jatah Jadi Capres Jika Gabung di Koalisi Indonesia Bersatu

Rabu, 25 Mei 2022 | 06:35 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Sumber: Internet Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Ketua DPP Golkar, Dave Laksono menjawab permintaan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin agar dijadikan capres jika bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Kata Dave, permintaan Cak Imin itu tak rasional dikutip dari rmol.id, Rabu, 25 Mei 2022.

Padahal, KIB merupakan koalisi yang terbuka bagi partai politik manapun, termasuk PKB.

"Kalau mau bergabung (KIB) tidak langsung minta dengan syarat yang macam-macam, bergabung dulu (saja) gitu," ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Prabowo, Apa?

Tak hanya itu, parpol-parpol yang sudah tergabung di dalam KIB, yaitu Golkar, PAN, dan PPP, sama sekali tidak memberikan syarat dalam pembentukan poros koalisi.

"Kita saja sesama yang sudah bergabung adalah untuk maju, bukan untuk menentukan apa-apa dulu. Kita masih bergabung untuk maju," ujarnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut partainya siap bergabung dengan Partai Golkar, PPP, dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Tapi, ia memberi syarat bahwa calon presiden (capres) yang diusung harus dirinya dikutip dari detik.com.

"Saya (PKB) siap bergabung asal capresnya saya kan," kata Muhaimin.

Muhaimin menilai KIB sebagai gagasan yang bagus dari sejumlah partai. Ia mendoakan KIB nantinya bisa kompak mengusung capres yang sama.

Baca Juga: Kala Gerindra dan PKB Dinilai Belum Kantongi Seluruh Syarat Koalisi

"Koalisi Indonesia bersatu bagus itu saya rasa usaha, ikhtiar untuk menyamakan kekuatan, sehingga mulai mengkristal saya menyambut baik itu. Moga-moga nanti calonnya sama," tegasnya.

Cak Imin juga mengajak seluruh kader PKB bekerja keras mensukseskan Pemilu 2024. Ia menyebut survei PKB sudah berada di 3 besar untuk berebut posisi kedua.

"Insyaallah kita siap bersama-sama mensukseskan pemilu dan maju capres. Kita harap survei terakhir posisi kedua bersaing dengan Gerindra. Syukur-syukur bisa juara satu," sebutnya.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...