Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Pekanbaru Sebut Daerah Perbatasan Perlu Pengawasan Ekstra

Rabu, 16 November 2022 | 14:51 WIB
Foto (net) Foto (net)

RIAU24.COM - Wilayah kecamatan yang berada di perbatasan perlu pengawasan ekstra. Sebab, warga dari kabupaten tetangga berpotensi ikut memilih ke wilayah Kota Pekanbaru

Baca Juga: UMP Riau hanya Rp3,1 Juta, Robin Heran Pengusaha Keberatan
 

Anggota Bawaslu Pekanbaru Divisi Penanganan Sengketa Yasrif Yakub Tambusai mengatakan, ada beberapa kerawanan yang cenderung terjadi saat Pemilu. Seperti soal logistik dan ada suara pemilih yang terabaikan. 

"Diharapkan dalam pemilu 2024 mendatang tidak ada suara pemilih yang terabaikan," kata Yasrif, Rabu (16/11/2022). 

Selain itu, kerawanan yang mungkin akan muncul adalah adanya pemilih di perbatasan. Ia mencontohkan, pemilih dari kabupaten Kampar ikut memilih di Pekanbaru. 

Ada beberapa kecamatan di Kota Pekanbaru yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar. Salah satunya Kecamatan Bukit Raya yang berbatasan dengan Desa Tanah Merah. Kedua wilayah ini nyaris tanpa pemisah lantaran sudah padat penduduk. 

Baca Juga: H T. Rusli Ahmad Ketum DPP Santri Tani NU Terima Brevet Bhayangkara Bahari dari Direktur Kepolisian Perairan Baharkam Polri

Ia menyebut, ini perlu dilakukan pengawasan ekstra. Perlu adanya upaya untuk mendudukkan permasalahan ini antara Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pemerintah Kabupaten Kampar. 

"Pemerintah provinsi Riau perlu menjembatani antara pemerintah Kota Pekanbaru dan pemerintah Kabupaten Kampar," kata dia.

PenulisR24/riko


Loading...

Terpopuler

Loading...