Survei: Moeldoko Jadi Kuda Hitam di Deretan Bakal Capres Pemilu 2024

Jumat, 09 Desember 2022 | 10:03 WIB
Survei terbaru memperlihatkan nama Moeldoko masuk lima besar dalam bursa Capres Pemilu 2024 Survei terbaru memperlihatkan nama Moeldoko masuk lima besar dalam bursa Capres Pemilu 2024

RIAU24.COM Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko dinilai akan menjadi kuda hitam dideretan nama bakal Calon presiden (Capres) di Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Jokowi Tak Jadi Reshuffle Rabu Pon, Benarkah?

Hal ini dapat dilihat dari hasil survei terbaru dari Lembaga Klimatologi Politik (LKP).

Nama-nama seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan memang tak tergoyahkan di tiga besar elektabilitas tokoh potensial sebagai capres.

Namun, M=menariknya, survei LKP juga mencatat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengalami kenaikan angka elektabilitas secara signifikan.

Diketahui, survei tersebut dilakukan pada 17-29 November 2022 di 34 provinsi yang melibatkan 1.200 responden.

"Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah. Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling)," tulis LKP dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Berdasarkan hasil survei, selisih elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies terbilang sangat tipis. Sebanyak 24,2% memilih Prabowo; 23,7% menyebut nama Ganjar ; serta 22,9% menjatuhkan pilihan pada Anies.

Baca Juga: Kader di Riau Siap Bergerak Usai PKS Dukung Anies Calon Presiden

Sementara itu, elektabilitas beberapa capres di urutan tengah, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) memperlihatkan tren menurun.

Satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang meningkat signifikan adalah Moeldoko.

Pada survei LKP sebelumnya tingkat elektabilitas Moeldoko tidak pernah mencapai angka 2 persen.

Namun, dalam survei kali ini elektabilitas mantan Panglima TNI itu melesat menjadi 4,2 persen dan berhasil naik ke lima besar bakal capres 2024.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...