Vaksinasi Covid-19 untuk Dosis Keempat Dimulai Hari Ini 

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:21 WIB
Ilustrasi Vaks Ilustrasi Vaks

RIAU24.COM - Pemerintah memutuskan, masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat mulai hari ini, Selasa (24/1).

Booster kedua ini bisa diakses di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Nina Susana mengatakan, seluruh fasyankes di Jabar siap melayani masyarakat yang akan ingin mendapatkan booster kedua. 

Baca Juga: MJO, Fenomena Cuaca yang Sebabkan Curah Hujan Tinggi hingga Akhir Januari
 

Hal itu sebagai upaya percepatan vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, dari Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua dimulai 24 Januari 2023. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada,” ujar Nina, dilansir Republika.co.id Senin (23/1).

Menurut Nina, jenis vaksin booster kedua atau dosis keempat akan menyesuaikan dengan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada booster pertama atau dosis ketiga. Misalnya, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Astrazeneca pada booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, atau Moderna.

Sedangkan, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Zifivax, Indovac, atau Navac. Masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Pfizer pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, atau Moderna.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Kecelakaan yang Menewaskan Mahasiswa UI  

Kemudian, kata dia, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Janssen (J&J) pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin J&J, Pfizer, atau Moderna. 

Masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinopharm pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Sinopharm atau Zifivax.

Sementara itu, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Moderna pada booster pertama, kata Nina, dapat menerima vaksin Moderna atau Pfizer. 

Terakhir, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Covovax pada vaksinasi booster pertama hanya dapat menerima vaksin Covovax.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...