Ingin Doa Segera Dikabulkan oleh Allah SWT, ini Amalan yang Bisa Dibaca

Selasa, 15 September 2020 | 08:57 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Dalam kehidupan ini, seseorang yang memiliki keinginan merupakan hal yang biasa. Selain berusaha untuk meraih yang diinginkan, memohon pertolongan kepada Allah SWT juga harus dilakukan.

Dilansir dari Detik.com, Selasa, 15 September 2020, Muhammad Syafie el-Bantanie dalam buku 'Agar Doa Selalu Dikabulkan Allah', menyebutkan doa merupakan sarana untuk mengadukan segala persoalan hidup dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Arab-Latin: Wa iżā sa`alaka 'ibādī 'annī fa innī qarīb, ujību da'watad-dā'i iżā da'āni falyastajībụ lī walyu`minụ bī la'allahum yarsyudụn

Baca Juga: 5 Zodiak ini Sangat Menakutkan saat Marah, Begini Cara Menghadapinya

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al-Baqarah ayat 186).

Diriwayatkan At Turmudzy dari Usamah bin Zaid r.a jika Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang diperlakukan dengan baik kemudian ia berkata kepada orang yang berbuat baik; Semoga Allah membalas kebaikan kepadamu,' maka ia telah cukup memujinya."

Salah satu hadits juga menjelaskan tentang pentingnya doa. "Tiap muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah atau dijauhkan Allah daripadanya suatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang." (HR. At Turmudzy).

Dilansir dalam buku 'Buku Pegangan Doa dan Zikir Keselamatan Ratibul Haddad: Kumpulan Doa dan Zikir Keselamatan' menjelaskan jika surah Al-Fatihah dapat membantu agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Pantas Orang Yang Punya Bisa Kaya Raya, Ternyata Ini Yang Membuat Tokek Bisa Mahal

Diriwayatkan dari Syaikh Muhyiddin al-Arabiy, bahwa barangsiapa yang memiliki kebutuhan maka hendaknya ia mau membaca surat al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis sholat Maghrib dan sunah Ba'diyah. Lalu berdoa apa yang kita inginkan.

Berikut doa yang bisa dibaca menurut Syaikh Muhyiddin al-Araby :

Arab-latin: Ilaahii 'ilmuka kaafin 'anis suaali ikfinii nihaqqil faatihati suaalan wa karamuka kaafin'anil maqaali akrimnii bihaqqil faatihati maqaalan wa hashshil maa fii dhamiirii.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, ilmu-Mu tidak membutuhkan permohonan, karena itu cukupkanlah aku dengan haq yang dimiliki surat al-Fatihah sebagai permohonan dan kemuliaan-Mu tidak membutuhkan ucapan, karena itu muliakanlah aku dengan haq yang dimiliki surat al-Fatihah sebagai sebuah ungkapan dan penuhilah apa yang ada dalam hatiku."

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...