4 Fakta Tentang Piramida dan Firaun yang Membantu Kita Melihat Mesir Kuno Dari Sudut Pandang yang Berbeda

Minggu, 18 Oktober 2020 | 06:14 WIB
4 Fakta Tentang Piramida dan Firaun yang Membantu Kita Melihat Mesir Kuno Dari Sudut Pandang yang Berbeda 4 Fakta Tentang Piramida dan Firaun yang Membantu Kita Melihat Mesir Kuno Dari Sudut Pandang yang Berbeda

RIAU24.COM -  Mesir kuno adalah salah satu peradaban paling misterius. Itu dikelilingi oleh jutaan mitos dan legenda. Terlepas dari kenyataan bahwa kita tahu banyak tentang era firaun, masih banyak rahasia yang tersembunyi bahkan hingga saat ini. Misalnya, kita masih belum tahu persis lokasi makam Ratu Nefertiti. Kami berharap suatu hari para ilmuwan akan berhasil mengangkat tabir kerahasiaan ini.

Seperti dilansir Riau24.com dari Bright Side, yang menyoroti beberapa fakta penting tentang Mesir Kuno yang berhasil ditemukan para ilmuwan dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Depresi Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi? Coba Dengan Empat Cara Ini...

Topeng emas Tutankhamun mungkin dibuat untuk Nefertiti
Pada tahun 2015, arkeolog Inggris Nicholas Reeves memperkenalkan teori yang mengklaim bahwa topeng pemakaman terkenal, yang sebelumnya dianggap untuk Tutankhamun, dibuat untuk orang yang berbeda. Para ilmuwan mengira bahwa itu adalah topeng Nefertiti, ibu Tutankhamun, yang memerintah bersama dengan dugaan ayahnya, firaun Akhenaten.

Pendapat Reeves didasarkan pada beberapa fitur. Pertama, tindik telinga topeng. Diketahui bahwa hanya wanita dan anak-anak yang memakai anting-anting di Mesir Kuno. Dan Tutankhamun meninggal pada usia 19 tahun jadi dia bukan anak kecil menurut standar saat itu. Kedua, hieroglif dengan nama almarhum firaun tampaknya telah tertulis di atas tulisan sebelumnya. Para ilmuwan berspekulasi bahwa tulisan asli adalah nama lengkap Nefertiti yang berarti "Cantik adalah keindahan Aten, wanita cantik telah datang."

Ngomong-ngomong, nama asli Tut, Tutankhaten, berarti "Gambar Hidup Aten", sedangkan Tutankhamun berarti "Gambar Hidup Amun." Ini terjadi ketika kultus Aten "diganti" dengan Amun. Para ilmuwan berasumsi bahwa fakta ini menjelaskan rahasia makam Nefertiti: para pendeta mencoba untuk menghapus dan menghapus semua yang berhubungan dengan Aten dan karena Akhenaten bersama dengan istrinya yang cantik adalah simbol utama dari dewa Aten yang "ketinggalan zaman", mereka disembunyikan.

Mungkin ada ruangan tersembunyi di makam Tutankhamun
Tempat dimana Nefertiti dimakamkan masih belum diketahui. Tapi para arkeolog tidak pernah kehilangan harapan. Pada 2015, para ilmuwan menemukan beberapa anomali yang mereka curigai mungkin mewakili ruang tersembunyi di dalam kompleks makam Tutankhamun. Nicholas Reeves mengajukan kemungkinan bahwa satu ruangan bisa menjadi makam Nefertiti yang hilang.

Dr. Reeves juga berasumsi bahwa Tutankhamun meninggal secara tidak terduga dan tidak ada waktu untuk menyelesaikan makamnya dengan cepat, karena itulah ia ditempatkan di kamar Nefertiti. Ada juga satu fakta menarik: selama dinasti ke-18 milik firaun muda, untuk memasuki makam wanita orang harus berbelok ke kanan dan untuk memasuki makam pria mereka harus berbelok ke kiri. Ruang pemakaman Tutankhamun berada di sebelah kanan.

Masih belum diketahui apakah teori ini benar atau tidak, tetapi para ilmuwan masih mengerjakan misteri ruang rahasia.

Para ilmuwan menemukan bagaimana balok-balok batu yang berat diangkut ke Piramida Agung Giza
Seperti yang kita ketahui, tempat pengambilan balok-balok batu piramida Khufu adalah 500 mil dari Giza. Berkat buku harian Merer, seseorang yang terlibat dalam pembangunan Piramida Agung, para ilmuwan telah mengungkapkan bagaimana orang Mesir berhasil mengangkut balok batu yang berat.

Balok-balok batu diangkut melintasi Sungai Nil dalam serangkaian kanal yang dibangun dengan sengaja agar sedekat mungkin dengan lokasi konstruksi. Mereka kemudian berguling di jalur khusus.

Ngomong-ngomong, para ilmuwan telah menemukan 2 tempat rahasia di kaki piramida dan menemukan perahu surya, kapal khusus yang dirancang untuk perjalanan langit Khufu bersama dewa matahari Ra. Berkat kapal-kapal ini, beberapa rahasia teknik pembuatan kapal kuno terungkap dan para ilmuwan bahkan berhasil membuat salinan kapal yang dapat membawa muatan berat.

Baca Juga: Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad Soal Hukum Memperingati Maulid Nabi

Mumi yang Berteriak Secara Misterius adalah putra Ramses.
Salah satu firaun terkuat di Kerajaan Baru, Ramses III, dibunuh oleh putranya setelah 30 tahun masa pemerintahannya. Konspirasi tersebut dipicu oleh Tiye, salah satu dari 3 istrinya, tentang apakah putra mereka Pentewere akan mewarisi tahta.

Eksekusi Ramses sangat kejam: pembunuh memotong jempol kaki kirinya dan memotong tenggorokannya dengan pisau tajam. Luka itu begitu dalam dan besar hingga hampir sampai ke tulang punggung. Ngomong-ngomong, pembalsem berusaha menyembunyikan lukanya karena ada sepotong kain di sekitar leher Ramses.

Para ilmuwan mengira bahwa mumi yang berteriak itu adalah Pentewere, yang dieksekusi bersama dengan konspirator lain segera setelah pembunuhan ayahnya. Menurut satu versi, dia diizinkan untuk bunuh diri dan teori lain mengatakan bahwa dia dicekik. Nama asli Pentewere dihapus dari makamnya untuk mencegahnya menikmati kehidupan setelah kematian.

Setelah kematiannya, tubuh Pentewere dikuburkan dengan kulit domba - suatu tindakan yang menunjukkan bahwa dia tidak bersih dan melakukan sesuatu yang buruk dalam hidupnya. Para pendeta menuangkan cairan pembalseman ke dalam mulutnya tanpa mengeluarkan organnya. Tapi mulutnya yang terbuka bukanlah penderitaan kematian, semua kepala mumi hanya miring ke belakang seiring berjalannya waktu.

Nasib Tiye masih belum diketahui. Namanya mungkin telah diubah sebelum penguburan dan hilang seiring waktu.

Sejarah Mesir kuno terdiri dari 40 abad perkembangan salah satu peradaban paling kuat yang kita kenal. Setiap hari, para arkeolog menemukan sesuatu yang baru dan mengungkap rahasia kuno. Siapa yang tahu apa yang akan mereka temukan besok. Mari kita tetap poste

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...