Sulit Untuk Berkomunikasi Saat Memakai Masker, Berikut Cara Mengenali Emosi Seseorang Lewat Sorot Mata

Minggu, 25 Oktober 2020 | 03:11 WIB
Sulit Untuk Berkomunikasi Saat Memakai Masker, Berikut Cara Mengenali Emosi Seseorang Lewat Sorot Mata Sulit Untuk Berkomunikasi Saat Memakai Masker, Berikut Cara Mengenali Emosi Seseorang Lewat Sorot Mata

RIAU24.COM -  MEMAKAI masker wajah merupakan salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19 terutama saat berada di tempat umum. Namun, normal baru ini juga hadir dengan beberapa tantangan dan kendala antara lain sesak napas, riasan menempel di masker wajah sehingga sulit membaca ekspresi wajah orang lain.

The Healthy melaporkan bahwa ini terjadi karena sebagian besar komunikasi berlangsung berdasarkan isyarat visual, bahasa tubuh, dan gerakan otot wajah seperti bibir, hidung, dan pipi. Semua bagian tersebut seolah menjadi kabur saat kita memakai masker sehingga sulit membaca ekspresi wajah seseorang baik itu tersenyum, marah atau sedih.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Bandrek

Pakar bahasa tubuh dan komunikasi, Patti Wood mengatakan, saat berkomunikasi menggunakan masker, sebenarnya kita bisa membaca gerakan mata seseorang. "Mata kita telah berevolusi secara tidak sadar untuk menanggapi apa yang kita lihat dan dengar," katanya.

Misalnya, kata Patti, saat kita melihat sesuatu yang menakutkan, secara alami mata akan melebar untuk memperluas penglihatan dan menambah jumlah cahaya.

Menurut Patti, 'bahasa mata' sebenarnya adalah kebiasaan manusia. Namun ada beberapa kendala yang harus diatasi seperti menatap mata orang lain dalam waktu yang lama bisa menjadi sesuatu yang sulit.

Jadi, bagaimana Anda membaca ekspresi wajah seseorang saat mereka memakai masker?

1. Berbohong

Patti menjelaskan sambil mengobrol, jika orang tersebut menutup matanya itu tandanya ada yang berbohong. Secara fisiologis, saat berbaring, seseorang akan berusaha menghindar dari pandangan selain matanya yang berkedip perlahan.

2. Bahagia dan sedih

Mata bahagia memiliki ciri khusus yang berkerut di luar karena individu tersebut tersenyum dan pipi terangkat. Sedangkan mata sedih cenderung terlihat murung dan terlihat kusam dan 'kosong'.

3. Terkejut

Kita tidak harus melihat mulut orang lain untuk memastikan mereka terkejut. Ini karena, mata orang yang terkejut akan terbuka lebar dan alisnya terangkat ke atas.

4. Marah

Kita tidak akan melihat lubang hidung melebar atau mengatupkan gigi untuk mengetahui bahwa seseorang sedang marah saat memakai masker wajah. Tapi kita bisa melihat otot-otot mata yang tegang dan alis yang tertarik ke bawah saat seseorang sedang marah. Selain itu, mata mereka sendiri mungkin menatap tajam ke sumber amarahnya.

5. Cemas

Biasanya saat seseorang merasa cemas akan berkedip dengan cepat.

6. Tertarik

Jika baru pertama kali bertemu seseorang dan orang tersebut memakai masker, banyak hal yang bisa 'terbaca' dari mata termasuk niatnya. Misalnya, seorang pria mungkin cemberut, itu menunjukkan bahwa dia memiliki niat baik dan ingin Anda merasa aman bersamanya.

Meski begitu, semua tanda tersebut tidak 100 persen akurat, namun perlu didukung oleh hal lain seperti percakapan dan gerakan tubuh lainnya.

PenulisR24/dev



Loading...

Terpopuler

Loading...