5 Cara Jitu Kalahkan Nafsu Syahwat

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 16:12 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM - Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang senantiasa menggoda manusia agar terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan. Salah satu caranya adalah dengan membuat manusia tersebut tergoda dalam nafsu syahwat.

Apabila keimanan seseorang tidak kuat, maka dia akan dengan mudah tergoda dalam rayuan setan. Hal ini membuat di jiwanya mulai muncul keinginan untuk melakukan perbuatan haram yang dilarang oleh Allah SWT.

Baca Juga: Agar Rezeki Lancar Baca Dua Ayat Alquran Ini Tiap Malam


 
Lantas bagaimanakah cara untuk mengalahkan nafsu syahwat yang ditimbulkan oleh godaan setan tersebut, melansir dari Infoyunik berikut ulasanya. 

1. Puasa

Ketika begitu banyak godaan dari setan yang menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan. Sebisa mungkin kita harus bisa melawannya, salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Ketika seorang muslim hendak menikah, akan tetapi ia belum mampu. Maka solusi yang tepat bagi dirinya agar terjaga dari kehinaan ialah dengan berpuasa. Puasa mendidik manusia untuk lebih bersabar, dan tahan dalam menghadapi hawa nafsu.

2. Menjauhi Dosa Kecil

Langkah selanjutnya adalah dengan menjauhi dosa kecil. Banyak kaum muslim yang mungkin menyepelekan hal ini Mereka banyak yang hanya menghindari dosa besar saja, padahal jika ditelaah dosa kecil juga bisa berpotensi menjadi dosa besar apabila dilakukan terus menerus. Selain itu, dosa kecil juga menjadi media bagi setan untuk lebih menyesatkan manusia. Allah SWT berfirman:

“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. Al A’raf: 17)

3. Quwwatul Iman

Langkah ketiga untuk mengalahkan hawa nafsu adalah dengan quwwatul iman. Sesungguhnya iman kepada Allah merupakan benteng untuk melawan segala sesuatu yang berbau haram dan kemaksiatan. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang pezina berzina ketika dia dalam keadaan beriman.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka tidak heran apabila kita dapati orang beriman yang tidak pernah melakukan dosa. Sebab ia menyadari bahwasanya Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang dilakukannya. Oleh sebab itu, ia selalu berusaha untuk melawan godaan setan untuk menjerumuskannya.

4. Doa

Langkah keempat yang dapat dilakukan untuk mengalahkan syahwat adalah dengan doa. Doa menjadi senjata bagi kaum muslimin, sebab dengan berdoalah seseorang menjadi lebih dekat kepada Allah SWT.

Yusuf ‘alayhis salaam ketika menghadapi fitnah berupa ajakan berbuat nista imroatul aziz, maka ia berdoa,

Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” (QS. Yusuf: 33)

“Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Yusuf: 34)

Baca Juga: Ini Tiga Dosa Besar yang Sering Dikerjakan Tanpa Sadar

5. Memikirkan Nikmatnya Surga

Langkah terakhir yang dilakukan ialah memikirkan nikmatnya surga menjadi salah satu solusi agar kita bisa melawan hawa nafsu. Harapan menjadi salah satu penghuni surga dengan segala kenikmatannya akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam melakukan amalan kebaikan. Selain itu, orang tersebut juga akan sebisa mungkin mengalahkan godaan setan selama hidup di dunia.

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...