Jangan Panaskan Mobil Sebelum Dipakai Jika Tak Ingin Mesin Mobil Anda Alami Hal Merugikan Ini

Kamis, 29 Oktober 2020 | 10:14 WIB
Jangan Panaskan Mobil Sebelum Dipakai Jika Tak Ingin Mesin Mobil Anda Alami Hal Merugikan Ini Jangan Panaskan Mobil Sebelum Dipakai Jika Tak Ingin Mesin Mobil Anda Alami Hal Merugikan Ini

RIAU24.COM -  Memanaskan mesin mobil masih menjadi kebiasaan untuk dilakukan sebelum memulai perjalanan terutama pada pagi hari, apalagi jika kendaraan sudah cukup tua. Tak kalah pentingnya, bagi pemilik mobil baru, ada juga yang melakukan pemanasan mesin yang sudah ada, yang memakan waktu sekitar lima menit atau lebih.

Tindakan memanaskan mobil adalah membuat komponen mesin 'terjaga' dan berfungsi dengan baik sebelum dikendarai. Namun pertanyaannya, apakah mobil baru perlu dihangatkan sebelum dikendarai?

Baca Juga: Ini Cara Membuat Bandrek

Menurut pakar kendaraan, Didi Ahadi, untuk mobil baru tidak perlu dipanaskan karena kebanyakan produk kendaraan masa kini sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih. Didi menjelaskan, setiap komponen yang terdapat pada mesin kendaraan dilengkapi dengan fuel injection atau fuel injection beserta electronic control unit (ECU) yang berfungsi untuk mengatur suhu mesin kendaraan meski pada suhu di bawah 0ºC.

“Teknologi saat ini berbeda, semua orang menggunakan ECU. Jadi saat mesin dihidupkan bisa terus melaju,” ucapnya.

Namun, mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan oli mesin berkurang. Sedangkan mobil yang dikendarai setiap hari tidak perlu dipanaskan karena beresiko membuat bensin meresap ke oli mesin sehingga dapat mempengaruhi tingkat kekentalan pelumas.

Baca Juga: Rolex Trending, Ternyata Merek Jam Kesayangan Presiden Soekarno

Akibatnya dapat meningkatkan risiko keausan pada komponen di mesin. Jadi Anda tidak perlu khawatir terus menggunakan mobil tanpa memanaskannya terlebih dahulu karena tidak menimbulkan risiko kerusakan mesin!

PenulisR24/dev



Loading...

Terpopuler

Loading...