Agar Rezeki Lancar Baca Dua Ayat Alquran Ini Tiap Malam

Selasa, 24 November 2020 | 20:39 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM - Allah SWT sudah mengatur besar atau kecil rezeki setiap umat muslim. Namun menurut Rasullulah SAW ada dua ayat di dalam Alquran yang jika dibaca setiap malam akan memberikan kelancaran dan kecukupan rezeki bagi yang membacanya.

Baca Juga: Kisah Soekarno yang Hidup Miskin Sejak Lahir, Tidak Punya Sepatu dan Tidak Bisa Membeli Pepaya

Rasullulah SAW bersabda :

" Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, niscahya ia tercukupi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam penerangannya bahwa makna tercukupi dalam hadis diatas adalah tercukupi kebutuhan di dunia dan akhirat serta terhidar dari segala keburukan.

Dalam hadis yang lainnya, yang diriwayatkan Imam Muslim, yang berisi, " Rasulullah SAW dikaruniai tiga hal; diberi shalat lima waktu, diberi ujung (akhir) surat al-Baqarah…"

Hadis ini pula yang yang dicantumkan oleh Imam Ibnu Katsir saat menjelaskan keutamaan dua ayat terakhir surat Al Baqarah di dalam tafsirnya.

Allah SWT berfirman dalam dua ayat terakhir surat Al Baqarah :

“ Rasul telah beriman kepada al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan),’Kami tidak membeda-bedakan antara seserangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya,’ dan mereka mengatakan,’Kami dengar dan kami ta’at.’ (Mereka berdoa),’Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Baca Juga: Catat, Dua Hal Ini Dilarang Islam Saat Melakukan Hubungan Suami-Istri

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):”Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al Baqarah : 285 286).


Sumber: Dream

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...