7 Waktu Minum Air Putih Yang Tepat, Bikin Tubuh Jadi Semakin Sehat

Jumat, 19 Februari 2021 | 21:34 WIB
google google

RIAU24.COM -  Menjalani hidup sehat memang tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus menjaga pola makan, jam tidur, serta keteraturan berolahraga, ada pula beberapa aturan yang barangkali belum anda ketahui.

Kita mungkin sudah tahu bahwa air putih memberi banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang terpenting adalah menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kita. Meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari (setara dengan 2 liter) juga dapat melindungi kesehatan organ dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga mendistribusikan zat-zat gizi ke berbagai bagian tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa ada anjuran minum air putih supaya hidup semakin sehat? Faktanya, mengonsumsi air putih di waktu-waktu yang tepat dapat meningkatkan efektivitas dan manfaatnya. Berikut adalah aturan minum air putih beserta tujuh waktu yang tepat untuk minum air putih:

Baca Juga: Jangan Buru-Buru Operasi, Ternyata Ambeien Bisa Sembuh Hanya Dengan Tanaman Ini

1. Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur membutuhkan cairan dan asupan energi, meminum segelas atau dua gelas air membantu membersihkan racun di tubuh dan melancarkan saluran kantung kemih. Dan menjaga metabolisme agar siap beraktivitas.

2. Sebelum dan Setelah Makan

Ternyata sebelum makan kita perlu meminum air setidaknya 30 menit sebelumnya, dan itu akan membantu memperlancar sistem pencernaan, melembabkan lapisan lambung, yang membantu lambung dalam pencernaan, lalu jika sedang diet akan membantu tubuh mengonsumsi lebih sedikit makanan karena akan lebih cepat merasa kenyang.

3. Ketika Merasa Lapar

Jika merasa sedang lapar disaat belum jam makan, kamu bisa meminum segelas air kadang hal tersebut bukan karena lapar melainkan karena kekurangan cairan. Sehingga yang terasa rasa lapar.

4. Sebelum dan Sesudah Olahraga

Sebelum berolahraga dianjurkan minum air secukupnya, untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi selama berolahraga dan membantu sirkulasi tubuh tetap terjaga. Lalu sehabis berolahraga juga harus minum air untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan membantu menjaga detak jantung di tubuh.

5. Minum Lebih Banyak Saat Sakit atau Berada Di Sekitar Orang Sakit

Ketika sedang sakit atau berada di sekitar orang yang sedang sakit, minumlah air banyak di sekitar orang yang sedang sakit, minumlah air lebih banyak dari biasanya. Hal itu akan membantu mencegah terkena kuman, virus maupun bakteri yang dapat menyerang tubuh. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Cocok Untuk Camilan, Ini Resep Seblak Kerupuk

6. Saat Sedang Lelah

Kelelahan merupakan salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi. Itu berarti pertanda bahwa tubuh butuh minum air.

7. Sebelum Tidur

Sebelum tidur minumlah, air itu akan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama tidur. Namun, jika memiliki penyakit batu ginjal atau memiliki masalah dengan jantung bisa menghindari minum sebelum tidur, karena mungkin akan memberikan tekanan sehingga melemahkan organ-organ dalam tubuh.

PenulisR24/riz



Loading...
Loading...