Ada Yang Pernah Bermimpi Terjatuh Dan Terbangun Tiba-Tiba? Ini Penjelasannya

Sabtu, 20 Februari 2021 | 20:34 WIB
google google

RIAU24.COM -  Pernahkah saat tidur malam, tiba-tiba mimpi lalu tersentak bangun? Fenomena ini disebut dengan keadaan hypnagogic atau periode transisi antara terjaga dan tidur.

Baca Juga: Jangan Buru-Buru Operasi, Ternyata Ambeien Bisa Sembuh Hanya Dengan Tanaman Ini

Keadaan ini bisa terjadi secara spontan karena pengaruh dari suara, cahaya, atau rangsangan eksternal lainnya. Beberapa ahli juga mengatakan keadaan hypnagogic ini biasa muncul bersamaan dengan halusinasi, mimpi, dan sensasi seperti terjatuh.

Meskipun tersentak kuat, hal itu tidak membuat orang tersebut bangun dari tidurnya. Bahkan saat terbangun, dia tidak sadar dengan apa yang ia alami selama tidur.

Berdasarkan keterang Dr. William Kohler, direktur medis di Florida Sleep Institute sebanyak 70% orang pernah mengalami hal yang disebut ‘hypnic jerks’ atau ‘sentakan hypnic’ ini disaat awal tertidur. “Hypnic jerks atau sentakan hypnic saat mulai tertidur adalah hal yang normal dan hampir dialami oleh semua orang,” jelas James K Walsh, direktur eksekutif dan ilmuwan senior di ST Luke’s Sleep Medicine and Research Center di St Louis.

Baca Juga: Cocok Untuk Camilan, Ini Resep Seblak Kerupuk

Ini terkait dengan pengalaman tubuh ketika otot-otot Anda berkontraksi, sehingga perut anda tersentak dan tubuh anda terbangun dengan kaget. Ini biasanya terjadi selama perpindahan antara keadaan sadar dan tertidur. Ini terjadi dalam waktu yang singkat, bisa setengah detik atau kurang.

PenulisR24/riz



Loading...
Loading...