Penelitian Mengungkapkan Jika Pohon Ini Mampu Menangkap Polusi Mobil Jauh Lebih Efektif Dibandingkan Tanaman Lain

Senin, 22 Februari 2021 | 08:53 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Perubahan iklim itu nyata dan menyebabkan kerusakan dahsyat bagi planet kita. Dan salah satu penyebab utamanya adalah polusi yang berasal dari industri dan kendaraan. Dan orang-orang yang rumahnya berdekatan dengan jalan raya mengalami efek paling buruk dari polusi ini. Entah itu asap yang masuk ke dalam ruangan atau debu yang menyertainya. Dan tentunya, asap ini juga membawa berbagai masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Namun, sekarang, para peneliti telah menemukan spesies semak pinggir jalan baru yang tampaknya menyedot lebih banyak polusi kendaraan daripada semak lainnya dan dapat efektif dalam mengurangi polusi ini.

Menurut Royal Horticultural Society, yang telah menemukan bahwa Cotoneaster - tanaman pagar yang umum dengan daun berbulu lebat dan sifat lebatnya mampu 20 persen lebih efektif dalam merendam asap polusi dibandingkan dengan, hawthorn atau cedar merah barat.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kebanyakan Orang Asia Tidak Menggunakan Kertas Toilet di Rumah Mereka

Para peneliti menemukan bahwa hanya dalam satu minggu, pagar tanaman Cotoneaster sepanjang satu meter yang terpelihara dengan baik berhasil menyerap jumlah polusi yang sama seperti yang dikeluarkan mobil saat mengemudi sejauh lebih dari 500 mil.

Mereka juga menemukan bahwa lebih efektif menjinakkan polusi di jalan dengan lalu lintas padat dan hampir tidak efektif di jalan yang tidak banyak dilalui lalu lintas.

Dr Tijana Blanusa menjelaskan, “Di jalan-jalan kota besar dengan lalu lintas padat, kami menemukan bahwa spesies dengan tajuk lebih padat yang lebih kompleks, daun kasar dan berbulu seperti cotoneaster adalah yang paling efektif. Kami tahu bahwa hanya dalam tujuh hari, pagar lebat yang dikelola dengan baik sepanjang satu meter akan menghapus jumlah polusi yang sama dengan yang dikeluarkan oleh mobil dalam jarak 500 mil. "

Baca Juga: Pelajari 10 Fakta Unik Seputar Kopi, Bisa Jadi Penyebab Perceraian!

Blanusa merekomendasikan penggunaan Cotoneaster di sepanjang jalan yang sibuk di titik-titik polusi sementara di rute yang jarang dilalui, campuran spesies semak yang berbeda bisa membantu.

Profesor Alistair Griffiths, direktur sains dan koleksi Royal Horticultural Society, menambahkan, “Kami terus mengidentifikasi 'tanaman super' baru dengan kualitas unik yang bila dikombinasikan dengan vegetasi lain memberikan peningkatan manfaat sekaligus menyediakan habitat yang sangat dibutuhkan bagi satwa liar.”

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...