Ini Cara Menggoreng Kulit Ayam Supaya Krispi dan Gurih

Selasa, 02 Maret 2021 | 09:27 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Kulit ayam merupakan salah satu menu andalan yang bisa disajikan di rumah. Meski terlihat mudah, untuk membuatnya kulit ayam macam ini ternyata susah-susah gampang.

Dilansir dari Haibunda.com, Senin, 1 Maret 2021, jika kita salah pengolahan malah akan membuat kulit ayam lunak dan berminyak. Keliru menakar jumlah minyak pun akan membuat kulit ayam kurang sedap.

Lantas, bagaimana sih cara membuatnya kulit ayam supaya krispi dan gurih? Berikut ini tips yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: Suku Dani di Papua Memiliki Tradisi Potong Jari Saat Kehilangan Anggota Keluarga

1. Pisahkan kulit dan lemak
Untuk membuat kulit ayam krispi adalah dengan memisahkan kulit dan lemak ayam. Buang semua lemak yang menempel pada kulit ayam lalu cuci hingga bersih.

Lemak pada kulit ayam dapat memperlambat proses penggorengan ayam krispi, sehingga susah untuk membuatnya kriuk. Membuang lemak juga bertujuan untuk menghindari bau tengik pada kulit ayam. Jadi, sekalipun tanpa lemak, kulit ayam tetap bisa gurih dan lezat.

2. Rendam dengan air kulit kapur sirih
Larutkan kapur sirih di air lalu tunggu hingga muncul endapan di permukaan air. Selanjutnya, gunakan air yang di bawah endapan, itulah air kapur sirih. Masukkan kulit ayam ke dalam rendaman air kapur sirih dan biarkan selama sejam. Setelah itu bilas hingga bersih.

Baca Juga: Sebuah Studi Menyarankan Seseorang Untuk Melakukan Hal Ini Jika Ingin Mendapatkan Umur Panjang

3. Beri bumbu
Pada dasarnya kulit ayam sudah memiliki rasa gurih. Tetapi Bunda bisa menambahkan bumbu penyedap seperti merica, garam, dan bubuk bawang putih, taburkan sedikit saja.

Setelah kulit dibumbui maka selanjutnya adalah mencelupkan kulit ayam pada putih telur yang telah dikocok. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting semua kulit ayam telah terlapisi oleh putih telur. Terakhir, campurkan ke dalam tepung beras. Tujuannya adalah untuk membuat kulit ayam lebih krispi dan tahan lama.

4. Goreng dengan banyak minyak
Langkah pamungkas adalah dengan menggoreng kulit ayam menggunakan banyak minyak. Teknik ini biasa disebut dengan deep frying artinya kulit ayam digoreng hingga semuanya terendam oleh minyak. Pilihlah minyak yang berkualitas agar hasil hidangan tetap sehat. Gunakan api besar untuk mencegah terjadinya kegosongan pada kulit ayam.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...