Pelajari 10 Fakta Unik Seputar Kopi, Bisa Jadi Penyebab Perceraian!

Minggu, 07 Maret 2021 | 08:04 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  KOPI merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia sehingga setiap negara memiliki jenis dan cara yang berbeda dalam menikmati kopi. Saat ini, kopi bukan hanya sekedar minuman tetapi mengisi sejarah negara-negara di dunia.

Website Agiboo di luar negeri memberikan 10 fakta unik seputar kopi yang perlu Anda ketahui seperti dilansir dari Mstar :

Baca Juga: Suku Dani di Papua Memiliki Tradisi Potong Jari Saat Kehilangan Anggota Keluarga



1. Kopi merupakan komoditas perdagangan terbesar kedua di dunia

Komoditas perdagangan terbesar dunia adalah minyak mentah, disusul kopi. Ya, kopi dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penduduk dunia, menjadikannya minuman yang paling digemari setelah air minum. Nilainya lebih dari US $ 100 miliar di seluruh dunia.

2. Hawaii adalah satu-satunya lokasi di Amerika di mana kopi ditanam

Starbucks adalah perusahaan kopi terbesar di dunia yang berbasis di AS. Namun penanaman kopi hanya dilakukan di Hawaii. Padahal, Hawaii sudah memproduksi kopi sebelum AS terbentuk. Baru-baru ini ada perkebunan di California yang mulai menanam kopi.

3. Kopi ditemukan oleh seorang gembala kambing

Cerita dimulai di Ethiopia pada tahun 1500-an ketika seorang penggembala kambing melihat kambingnya memakan kopi berbentuk ceri. Kemudian, dia mengamati perubahan perilaku kambingnya. Setelah makan, hewan tersebut mendapat banyak energi dan tidak tidur di malam hari.

Penggembala tersebut berbagi tentang penemuannya kepada para bhikkhu dan setelah mereka membuatnya menjadi minuman, mereka dapat terjaga sepanjang malam dan berdoa.

4. Kopi membantu atlet Olimpiade

Pada tahun 1932, Brasil tidak dapat mengirim atletnya ke Los Angeles untuk Olimpiade. Sebagai solusinya, pemerintah 'memasukkan' mereka ke dalam kapal berisi kopi yang dijual dalam perjalanan untuk mendanai perjalanan para atlet.

5. Kopi paling mahal terbuat dari campuran kotoran luwak

Inilah fakta kopi berasal dari Indonesia. Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia. Itu terbuat dari kopi yang dicerna dari Musang Palem Asia. Dengan kata lain, itu berasal dari kotoran luwak (rubah). Harga pasaran kopi ini di dunia mencapai € 350 (RM1.597) per kilogram.

6. Makkah pernah melarang kopi

Kopi dilarang di Makkah pada tahun 1511. Ini karena pemerintah pada saat itu yakin bahwa kopi merangsang pemikiran radikal dan kemalasan.

Baca Juga: Sebuah Studi Menyarankan Seseorang Untuk Melakukan Hal Ini Jika Ingin Mendapatkan Umur Panjang

7. Perceraian karena rasa kopi yang tidak enak

Dalam budaya Arab kuno, seorang suami bisa menceraikan istrinya jika dia tidak suka kopi yang dibuat istrinya.

8. Kopi adalah buah

Bentuk kopi yang masih mentah dan sangat mirip dengan buah ceri membuatnya dikategorikan sebagai buah. Ada dua jenis biji kopi utama, hijau dan merah. Kacang merah memiliki aroma yang lebih harum dan kurang asam, digunakan untuk menghasilkan kopi yang lebih ringan. Semakin lama kopi dipanggang, semakin sehat rasanya.

9. Menambahkan krim pada kopi membuat kopi panas bertahan lebih lama

Kopi akan memanas 20 persen lebih lama jika Anda menambahkan krim ke dalamnya.

10. Italia 

Kata espresso berasal dari bahasa Italia dan berarti 'dipaksa keluar'. Espresso diproduksi dengan memaksa air yang sangat panas di bawah tekanan tinggi melalui kopi yang digiling halus.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...