Asam Lambung Meningkat? Bikin Mual, Muntah, dan Diare. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Sabtu, 06 Maret 2021 | 23:40 WIB
google google

RIAU24.COM -  Penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung naik menuju kerongkongan. Ketika makanan masuk ke perut, makanan masuk melalui katup yang sering disebut dengan cincin otot atau sfingter esofagus (LES).

Biasanya, LES otomatis tertutup segera setelah dilewati makanan. Namun, jika LES tidak tertutup sepenuhnya, asam yang diproduksi oleh lambung bisa naik ke kerongkongan. Kondisi inilah yang disebut asam lambung naik.

Hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman berikut :

Baca Juga: Ajaib! Cukup 2 Gelas Bisa Hilangkan Lendir Menumpuk di Paru-paru Dengan Cepat

1. Alkohol

Alkohol dapat mengiritasi lambung dan merangsang produksi asam lambung. Selain itu alkohol juga dapat merelaksasi sphincter yang dapat membuat asam lambung naik ke atas.

2. Teh peppermint

Minuman mint memang dapat menenangkan saluran pencernaan, namun akan menimbulkan reaksi sebaliknya bila dikonsumsi oleh seseorang dengan riwayat asam lambung. Pilihlah teh chamomile atau teh jahe yang bisa mengurangi gas dan kembung tanpa merangsang produksi asam lambung.

3. Cokelat

Penggemar cokelat sebaiknya mulai menjauhi cokelat bila mereka bermasalah dengan asam lambung. Cokelat, terutama cokelat susu mengandung banyak lemak dan kafein, yang dapat memicu produksi asam lambung.

Baca Juga: Suku Dani di Papua Memiliki Tradisi Potong Jari Saat Kehilangan Anggota Keluarga

4. Minuman ringan

Gelembung karbonasi yang banyak terdapat dalam minuman ringan dapat berkembang dan menimbulkan gas di dalam lambung. Maka anda sebaiknya menghindari minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, minuman energi, dan minuman bervitamin.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...