Inilah 5 Tanda Jika Pendingin Ruangan Anda Berada di Akhir Masa Pakai

Minggu, 04 April 2021 | 07:56 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar
<p>RIAU24.COM -  DI musim panas seperti sekarang, AC sangat membantu dalam mendinginkan suatu ruangan. Namun, seperti halnya peralatan elektronik lainnya, AC juga memiliki umur tertentu dan perlu diganti bila waktunya tiba.

Tapi bagaimana Anda tahu kalau AC perlu diganti?

Inilah beberapa tandanya.

Baca Juga: Sebuah Studi Menyarankan Seseorang Untuk Melakukan Hal Ini Jika Ingin Mendapatkan Umur Panjang

1. Usia AC

AC biasanya bisa bertahan selama 20 tahun dengan perawatan namun itu tandanya perlu diganti karena biaya perbaikan dan perawatan bisa meningkat.

2. Meningkatnya tagihan listrik

Seiring bertambahnya usia AC, AC tidak akan bekerja maksimal dan harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu ruangan tetap rendah.

Karena harus bekerja lebih keras, maka akan menggunakan lebih banyak energi dan dapat mengakibatkan peningkatan tagihan listrik Anda.

3. Mengeluarkan udara panas

Untuk mengetahui apakah AC perlu diganti atau tidak, saat dihidupkan, udara yang dikeluarkan tidak dingin atau panas. Ini menandakan sudah saatnya mengganti yang baru.

Baca Juga: 6 Rahasia Sistem Pendidikan Jepang yang Membuat Anak Bisa Hidup Sukses

4. Keluar air menetes 

Salah satu tugas AC adalah menghilangkan kelembapan dari udara di rumah Anda melalui koil evaporator.

Namun untuk AC yang lebih tua, salurannya bisa bocor dan menyebabkan air menetes selain membuat ruangan menjadi lembab dan tumbuhnya jamur di dinding.

5. Udara yang dikeluarkan berbau

AC yang dalam kondisi baik tidak akan mengeluarkan bau atau suara bising. Namun untuk unit yang lebih tua tidak hanya mengeluarkan suara yang keras tapi udaranya juga bau busuk dan apek meskipun sudah dibersihkan.

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...