Tahukah Kamu, Ternyata Bantal Harus Diganti Setiap 2 Tahun Demi Kesehatan Yang Lebih Baik

Jumat, 02 April 2021 | 22:44 WIB
google google

RIAU24.COM -  Bantal merupakan salah satu perlengkapan penting untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Umumnya jika bantal masih enak dipakai maka tidak akan diganti. Tapi hati-hati bantal yang sudah dua tahun dipakai biasanya 'menyimpan' makhluk-makhluk mikroskopis.

Kebiasaan sepele justru kadang menyimpan banyak bahaya.

Bila bantal jarang dicuci dan juga tidak rutin diganti, sel-sel kulit mati, kotoran, tungau dan debu bisa bersarang di bantal. Penumpukan kotoran bisa menyebabkan masalah alergi.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Lesung Pipit Hanya Terjadi Pada Sekitar 20 Persen Orang Diseluruh Dunia

Selain itu, bantal yang digunakan untuk tidur akan jadi tempat menempelkan minyak, keringat, dan sel kulit mati. Bila tidak diganti rutin ini bisa menyebabkan berkembang biaknya jamur dan bakteri penyebab jerawat.

Pilek berkepanjangan, batuk yang terus-menerus, ataupun mata gatal dan berair juga bisa diakibatkan tungau dan kotorannya yang menempel di bantal. Karena itu jika pilek atau batuk Anda tidak sembuh-sembuh, cobalah dulu mengganti bantal Anda.

dr Ackerley menyarankan untuk mencuci bantal secara rutin dan mengeringkannya. Panas dari mesin pengering disebutnya bisa membunuh para tungau.

Melakukan vacuum pada bantal dan seprai secara rutin, menjemur bantal, serta kurangi kelembaban kamar.

Menambahkan sarung atau pelindung bantal anti-alergi juga dapat melindungi bantal dari tungau dan kotoran lain.

Risiko ini bisa dikurangi dengan cara mencuci bantal setiap 3 hingga 6 bulan sekali, dan menggantinya setiap 2-3 tahun.

Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda harus mengganti bantal setiap 6 bulan sekali, yaitu:

1. Bantal Tidak Menopang Kepala dan Leher dengan Baik

Bantal yang tidak mampu menopang kepala dan leher dengan baik membuat Anda mengalami kaku dan nyeri leher di pagi hari.

Tenaga pun tidak akan pulih sepenuhnya. Akibatnya Anda akan mengalami kesulitan untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

2. Bentuk Bantal Sudah Tidak Beraturan

Semakin tidak beraturan, semakin sulit bantal untuk disesuaikan dengan posisi kepala dan leher. Jika Anda tidur menggunakan bantal jenis ini, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan berbagai keluhan yang tidak diinginkan saat bangun.

Baca Juga: Ternyata Punya Keinginan Berlebihan Untuk Berada Ditempat Tidur, Terutama Pada Cuaca Dingin Termasuk Kelainan Mental

3. Penampilan Bantal yang Kurang Bersih

Selain yang sudah disebutkan, bantal juga harus dijaga kebersihannya. Sebab, Anda menggunakannya setiap hari dan benda ini bersentuhan langsung dengan kulit kepala dan wajah.

Jika sudah mulai tampak kusam, usang, dan sulit dibersihkan, pertimbangkan untuk mengganti bantal tersebut dengan yang baru.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...