Tiba-tiba Pusing Saat Berdiri? Bisa Jadi Itu Pertanda Buruk, Ini Penjelasannya

Selasa, 06 April 2021 | 08:18 WIB
google google

RIAU24.COM -  Beberapa orang pernah merasa sangat pusing, ketiba tiba-tiba bangun dari tidur atau berdiri. Selain tekanan darah rendah, sebenarnya ini adalah tanda dari penyakit mematikan.

Menurut studi yang terbit di Nuerology, ada korelasi kuat antara pusing saat tiba-tiba bangun dengan resiko demensia. Bahkan, orang dalam kategori ini juga dua kali lebih mungkin mengalami stroke di kemudian hari.

Sensasi pusing saat tiba-tiba bangun atau berdiri dikenal dengan istilah hipotensi ortostatik (OH).

Baca Juga: Sebuah Studi Menyarankan Seseorang Untuk Melakukan Hal Ini Jika Ingin Mendapatkan Umur Panjang

Hipotensi ortostatik, yakni tekanan darah yang asalnya berada di bagian atas tubuh, terutama kepala, menurun ketika Anda berdiri. Sensasi tersebut menyebabkan perasaan pusing atau kepala terasa ringan.

Biasanya, pembuluh darah di bagian atas tubuh menyempit agar tekanan darah tetap stabil ketika Anda berdiri. Kondisi ini pada umumnya tidak berlangsung lama karena pembuluh darah Anda akan menyesuaikan diri secara perlahan.

Namun ingat, banyak hal lain yang dapat mempengaruhi kondisi pusing saat berdiri terjadi. Hal itu termasuk dehidrasi, obat-obatan, kondisi jantung, dan masalah neurologis. Bahkan untuk beberapa orang, kondisi tersebut bisa berkaitan dengan gangguan pada kontrol tekanan darah.

Beberapa orang umumnya lebih rentan mengalami gejala pusing ketika berdiri. Jika ini terjadi pada Anda, biasakan diri untuk mengambil aba-aba sejenak sebelum berdiri. Berdirilah secara perlahan agar tubuh dapat menyesuaikan dengan gravitasi.

Baca Juga: 6 Rahasia Sistem Pendidikan Jepang yang Membuat Anak Bisa Hidup Sukses

Jika hanya terjadi sesekali, tak ada alasan penting untuk khawatir. Namun, jika terjadi cukup sering, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebabnya jika kondisi tersebut baru terjadi dan terus berkelanjutan.

Kemungkinan terburuk dari pusing saat berdiri adalah kehilangan keseimbangan, risiko jatuh meningkat, hingga pingsan; terutama pada orang tua. Bisa juga ini adalah potensi risiko stroke yang menandakan bahwa suplai darah ke otak Anda sering terganggu.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...