Fakta Unik Iguana Laut Galapagos yang Mirip Godzilla, Bisa Menyelam Hingga 20 Meter

Selasa, 06 April 2021 | 09:11 WIB
Fakta Unik Iguana Laut Galapagos yang Mirip Godzilla, Bisa Menyelam Hingga 20 Meter (foto/int) Fakta Unik Iguana Laut Galapagos yang Mirip Godzilla, Bisa Menyelam Hingga 20 Meter (foto/int)

RIAU24.COM Iguana di Indonesia termasuk hewan yang dijadikan hewan peliharaan. Tetapi banyak yang tidak tau ada jenis iguana laut yang bentuknya mirip monster Godzilla.

Dilansir dari berbagai sumber, reptil bernama lain amblyrhynchus cristatus ini endemik dari Kepulauan Galapagos, sebelah barat Ekuador di Amerika Latin. Spesies ini punya kemampuan dengan menyelam ke laut untuk mencari makan.

Iguana laut umumnya mempunyai warna kulit hitam. Itu berguna untuk menyerap panas dan mengeringkan tubuhnya usai mencari makan di laut.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Lesung Pipit Hanya Terjadi Pada Sekitar 20 Persen Orang Diseluruh Dunia

Berbeda dari jenis lainnya yang memakan serangga, makanan utama iguana laut adalah tanaman. Khususnya ganggang laut yang berada di dasar batu.

Iguana laut punya kebiasaan berjemur di tepi pantai, terutama di bebatuan. Itu dikarenakan iguana laut Galapagos hewan berdarah dingin.

Baca Juga: Ternyata Punya Keinginan Berlebihan Untuk Berada Ditempat Tidur, Terutama Pada Cuaca Dingin Termasuk Kelainan Mental

Kemampuan unik iguana laut mampu menyelam sampai kedalaman 20 meter. Untuk itu iguana laut setidaknya menahan napas hingga 30 menit. Karena sebagai reptil, iguana laut juga bernafas lewat paru-paru.


Iguana laut punya kuku yang tajam digunakan untuk berpegangan pada bebatuan di dasar laut saat mencari makan. Selain itu Iguana laut dikenal sangat cepat, kemampuan itu berguna untuk menghindari predator elang dan ular.

PenulisR24/riki


Loading...

Terpopuler

Loading...