Kenali Nikmatnya Bulan Ramadhan yang Akan Segera Kita Temui....

Jumat, 09 April 2021 | 09:13 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM - RAMADHAN adalah bulan bagi kita untuk meningkatkan amalan ibadah kita. Satu bulan dijanjikan dengan berbagai reward bagi mereka yang selalu mencarinya. Diibaratkan seperti supermarket yang memberikan promosi menarik untuk dinikmati oleh semua jemaat yang hadir. Kemudian orang akan datang berbondong-bondong dari segala penjuru untuk mengambilnya.

Diantara pahala yang dijanjikan Allah di bulan Ramadhan adalah ampunan, rahmat, pintu surga dibukakan, sholat dijawab dan ada satu malam di mana amalan pada malam itu akan berlipat ganda seperti ibadah selama 1.000 bulan. Tahukah kita bahwa bulan Ramadhan memiliki berbagai nama yang disebutkan dalam hadits Nabi.

Di antara nama-nama bulan Ramadhan adalah :

1. BULAN KESABARAN

Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan kesabaran. Bulan Ramadhan merupakan bulan bagi kita untuk meningkatkan amalan ibadah kita. Hal ini dikarenakan di bulan-bulan lainnya kita akan selalu memberikan alasan dengan kesibukan urusan duniawi seperti pekerjaan, makan, bersama dengan istri, teman dan berbagai alasan lain yang kita buat untuk tidak beribadah.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi: Puasa di bulan sabar dan tiga hari dalam setiap bulan setara dengan puasa setahun. [HR Baihaqi 12529]

Celakalah mereka yang malas sehingga tidak menjalankan puasa dengan benar, mereka hanya lapar dan haus seperti mengisi air ke dalam ember yang embernya bocor.

Kata-kata Nabi: Berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahala puasanya selain lapar dan haus dan berapa banyak orang yang shalat di malam hari tidak mendapatkan pahala shalat malam selain hanya bangun di malam hari. [HR Ibn Majah 1690]

Sabar juga bukan berarti menahan diri untuk tidak makan, minum dan tidak bersama istri pada siang hari, melainkan kesabaran dalam melakukan segala perbuatan yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Baca Juga: Sebuah Studi Menyarankan Seseorang Untuk Melakukan Hal Ini Jika Ingin Mendapatkan Umur Panjang

2. BULAN AL-MUAWASAH (MERCY)

Selama bulan Ramadhan, banyak umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan sedekah. Ini karena sedekah adalah amal yang sangat besar di sisi Allah. Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memberi makan kepada fakir miskin atau memberi makan kepada orang yang ingin berbuka puasa. Sedekah membuat hati seseorang lembut dan rendah hati.

Karenanya, bulan Ramadhan disebut juga bulan cinta. Disebutkan dalam hadits: Ini adalah bulan belas kasihan. [HR Baihaqi 3608]

Kita diminta untuk selalu mengingat orang-orang yang lebih sulit dari kita yang mungkin termasuk mereka yang tidak memiliki makanan.

Sifat cinta ini dengan sendirinya akan ada ketika bulan Ramadhan tiba dimana orang akan berebut memberi makan fakir miskin, yatim piatu, memberi makan orang yang berbuka puasa, bersedekah dari masjid dan berbagai amalan sedekah lainnya yang dilakukan. Semua ini muncul di geladak karena bulan Ramadhan adalah bulan cinta. Raih kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kepada Tuhan.

Baca Juga: 6 Rahasia Sistem Pendidikan Jepang yang Membuat Anak Bisa Hidup Sukses

3. PEMIMPIN SEMUA BULAN

Allah telah menjadikan Ramadhan sebagai bulan bagi kita untuk menambah tawa kepada-Nya dan pahala berlipat ganda bagi mereka yang selalu sabar dalam menaati perintah Allah. Jadi itu adalah bulan di mana Allah melipatgandakan rahmat-Nya kepada seluruh dunia yang ingin kembali kepada-Nya dengan membuka pintu rahmat seluas-luasnya dan menutup pintu neraka seketat-eratnya. Oleh karena itu, bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan tertinggi dari semua bulan. Nabi bersabda: Puncak dari semua bulan adalah bulan Ramadhan. [HR Baihaqi 3364]

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, Allah mewajibkan kita untuk berpuasa, membukakan baginya pintu surga, dan menutup baginya gerbang neraka, dirantai setan, padanya malam Lailatul. Qadar sebaik 1.000 bulan, oleh karena itu, siapa yang merindukan kebaikannya maka kehilangan keuntungan itu.

Semoga dengan hadirnya bulan Ramadhan kali ini memberikan makna seutuhnya bagi kita semua. Kesenangan menghadiri Sholat Terawih di masjid dan surau merupakan berkah yang besar dimana tahun lalu kami semua tidak diperbolehkan untuk hadir di masjid dan surau karena COVID-19. Jadi gunakan kesempatan kali ini untuk meningkatkan latihan Anda.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...