Ajaib! Cukup 2 Gelas Bisa Hilangkan Lendir Menumpuk di Paru-paru Dengan Cepat

Selasa, 13 April 2021 | 12:28 WIB
google google

RIAU24.COM -  Anda merasakan kesulitan bernapas? Mungkin hal ini disebabkan oleh lendir atau dahak yang ada di dalam dada. Dahak merupakan salah satu tanda tubuh adanya peradangan dalam saluran pernapasan yang dipicu oleh penyakit lain sehingga menyebabkan sumbatan pernapasan yang dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Biasanya dahak berbentuk kental dan sulit untuk dikeluarkan karena memiliki fungsi sebagai pertahanan pertama saluran pernapasan agar alergen, bakteri, debu, virus, dan benda asing lainnya tidak langsung masuk ke dalam saluran pernapasan.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati, lendir di dalam dada alias dahak, memang sering menjadi biang keladi gangguan pernapasan. Terbentuknya lendir tersebut dapat dilatari oleh beberapa kondisi kesehatan, misalnya refluks asam lambung (GERD), alergi, asma, adanya infeksi bakteri atau virus, bronkritis kronis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kelainan paru-paru lainnya.

Baca Juga: Bicara Kasar dan Kotor, Ternyata Pertanda Orang Cerdas

Dahak atau dalam istilah kedokteran disebut mucus sebenarnya berperan sebagai sistem kekebalan tubuh. Berfungsi melawan kuman penyakit yang masuk dalam tubuh. Selain itu, keberadaannya yang berfungsi melindungi permukaan saluran pernapasan dan pencernaan agar tidak kering.

Saat kondisi tubuh sedang tidak fit misalnya flu atau terkena alergi, tubuh bisa menghasilkan dahak yang menumpuk. Agar mudah dan cepat mengeluarkannya, kamu bisa pakai cara ini.

Siapkan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sendok the bubuk jahe. Campurkan keduanya ke dalam segelas air. Minum dua kali sehari. Kamu bisa tambahkan madu untuk mengurasi rasanya yang tajam.

Baca Juga: Mengenal Kembali Tradisi Mudik Zaman Dahulu

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang bisa membunuh bakteri maupun virus penyebab flu. Sementara jahe sudah diteliti pada tahun 2013 oleh American Journal of Respiratory Cell and Molecular.

Biologi ternyata mampu mengendurkan otot-otot halus di saluran pernapasan. Itulah sebabnya kombinasi keduanya sangat efektif untuk menghilangkan dahak.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...