Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 9 Kebiasaan Buruk yang Akan Membuat Rumah Anda Tetap Berantakan Sekeras Apa pun Anda Mencoba Menjaganya Tetap Bersih

Sabtu, 01 Mei 2021 | 08:19 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside
<p>RIAU24.COM -   Kekacauan di rumah bukan hanya soal estetika tapi juga sumber stres yang berpengaruh besar pada kondisi psikologis penghuninya. Agar selalu mudah bernapas di rumah, Anda tidak hanya perlu membersihkannya tepat waktu, pada hari tertentu, tetapi juga untuk menjaga barang-barang tetap teratur selama hari-hari lainnya.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari yang dapat mencegah kita melakukan hal ini.

Dilansir dari Bright Side, kami akhirnya mengetahui tentang tindakan a[a saja yang menyebabkan kita memiliki rumah yang berantakan, dan mengakibatkan kita kehilangan energi yang berharga.

Baca Juga: Tahukah Anda, Ini Fakta Dibalik Kematian Misterius Akibat Sakit Perut Napoleon Bonaparte

9. Membawa pulang hal-hal yang tidak perlu
Untuk mempermudah menjaga ketertiban di rumah Anda, seharusnya tidak ada barang tambahan di rumah. Artinya, Anda sebaiknya memilah-milahnya sebelum membawanya pulang. Jadi, cobalah untuk tidak membawa pulang hal-hal yang menimbulkan gangguan visual dan tidak membawa manfaat apa pun. Itu bisa berupa suvenir yang tidak masuk akal, hadiah simbolis, selebaran, cek, dan majalah. Selain itu, usahakan untuk tidak menduplikasi item. Jika Anda membuat keputusan dan membeli teko baru atau celana jins baru untuk menggantikan celana lama yang sudah usang, jangan menyimpan barang lama di rumah "untuk berjaga-jaga".

8. Menggunakan penyedot debu hanya untuk membersihkan lantai
Untuk beberapa alasan, nozel khusus untuk mengumpulkan debu dan membersihkan sofa tidak selalu populer, meskipun bisa sangat memudahkan proses pembersihan dan bahkan membantu membuatnya lebih baik. Rak, ambang jendela, radiator, sofa dan kasur yang berdebu, sudut yang sulit dijangkau - semua ini dapat dengan mudah dirawat dengan bantuan penyedot debu. 

7. Tidak langsung menghilangkan noda sabun di kamar mandi
Membiarkan endapan sabun dan karat menumpuk, menyebabkan Anda harus berusaha lebih keras saat mencuci semuanya nanti. Kembangkan kebiasaan membilas permukaan kamar mandi segera setelah Anda menggunakannya. Jika ingin menjaga kebersihan wastafel, pastikan untuk mencucinya setidaknya sekali, di penghujung hari. Selain itu, disarankan untuk menyeka bak mandi hingga kering untuk menghilangkan sebagian besar lapisan sabun. Tradisi ini tidak akan memakan waktu lebih dari 2 menit sehari dan akan menjaga kamar mandi Anda tetap bersih dan segar untuk waktu yang lama.

6. Tidak mengeluarkan pakaian kering dari rak cucian
Anda setuju bahwa Anda tidak boleh membiarkan diri Anda menyimpan pakaian yang sudah dicuci di dalam mesin cuci selama beberapa hari karena akan mulai berbau tidak sedap. Aturan yang sama harus diikuti dalam hal pakaian kering. Semua karena paling sering kebiasaan tidak membuangnya selama berminggu-minggu terkait dengan pikiran bahwa "tidak akan terjadi apa-apa pada mereka." Namun, pertama-tama, pakaian Anda bisa menjadi berdebu atau kotor jika ada hewan peliharaan Anda. Kedua, warna-warni ini akan membuat Anda stres dan membuat Anda berada dalam suasana hati yang buruk.

5. Menyimpan pakaian dalam tumpukan
Tidak peduli seberapa keras kita berusaha, T-shirt hanya akan terlihat rapi selama beberapa hari - setelah itu, Anda mungkin akan bosan menjaga tumpukan yang tetap lurus. Jika Anda mengatur pakaian Anda secara horizontal dalam kotak khusus, Anda tidak hanya akan menghemat ruang tetapi juga sedikit memudahkan hidup Anda. Semua karena sekarang akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat dan memilih semua barang yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Pillow Talk, Rahasia Langgeng Hubungan Suami Istri

4. Menyimpan item barnag secara acak di atas meja
Memang nyaman untuk memiliki barang-barang yang paling sering digunakan, tetapi seringkali, kita akhirnya mengisi meja dengan apa pun yang kita miliki di rumah. Untuk alasan ini, cobalah untuk menyimpan hanya beberapa barang yang diperlukan baik di meja Anda maupun di atas meja dapur. Atau Anda dapat mencoba mengatur ruang Anda dengan cara yang tepat sehingga Anda hanya perlu membuka pintu lemari untuk mendapatkan akses ke semua kebutuhan Anda.

3. Tidak mencuci piring saat selesai memasak
Agar tumpukan piring kotor tidak membuat Anda takut setelah makan malam dan menggoda Anda untuk meninggalkannya nanti, Anda harus membiasakan diri untuk menyimpan barang bekas di wastafel berisi air sabun dan kemudian bilas piring selama proses memasak, kapan pun. Mencuci kotoran yang basah jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada menghilangkan kotoran kering. Trik ini akan membantu Anda memiliki lebih sedikit piring untuk dicuci setelah makan malam.

2. Tidak membersihkan rumah sebelum tidur
Kebiasaan membuat rumah Anda berantakan sebelum berangkat atau sebelum tidur menghilangkan rasa bersih dan nyaman, bahkan jika Anda selalu membersihkan rumah dengan benar. Untuk menikmati hasil pekerjaan Anda sepenuhnya, biasakan mendedikasikan 10-15 menit setiap malam untuk bersih-bersih. Anda dapat menggunakan rencana ini, yang terdiri dari 5 langkah yakni membersihkan meja, mencuci piring, mengembalikan semua barang ke tempatnya, menyiapkan pakaian untuk hari berikutnya, dan mengumpulkan sampah.

1. Menyatukan hal-hal yang perlu dan tidak perlu
Sumber lain dari kekacauan abadi di lemari dan rak adalah menjaga barang-barang yang Anda gunakan terus-menerus dan hal-hal yang tidak perlu bersama-sama. Jika Anda perlu berhenti sejenak untuk berpikir sebelum mengucapkan selamat tinggal pada beberapa barang, Anda bisa mendapatkan sendiri beberapa kotak penyimpanan khusus (untuk barang elektronik, pakaian, mainan, aksesori dapur, dll.).

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...