8 Tanda Tersembunyi yang Menunjukkan Jika Anda Adalah Seseorang yang Sangat Cerdas

Minggu, 02 Mei 2021 | 04:42 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Kebiasaan yang dianggap buruk, seperti menggigit kuku, banyak mengeluh dengan hormat, dan mengunyah permen karet, sebenarnya adalah tanda bahwa Anda lebih pintar dari kebanyakan orang. Tentu saja, tidak hanya ada satu jenis kecerdasan, karena kecerdasan sosial dan emosional juga penting. Tampaknya ada beberapa ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas yang membedakan mereka dari yang lain, membuat mereka bersinar dengan cemerlang.

Dilansir dari Bright Side, ternyata berikut ini adalah beberapa tanda jika Anda memiliki kecerdasan yang tinggi :

1. Mengeluh 
Mengeluh dengan cara elegan ketika Anda melihat sesuatu yang tidak benar, baik di tempat kerja atau di luar dan di sekitar, adalah tanda kecerdasan emosional. Walaupun tampaknya Anda terlihat hanya seperti mengeluh, hal itu sebenarnya menunjukkan bahwa Anda sadar dan sadar akan lingkungan Anda. Anda memahami dampak hal-hal negatif terhadap orang lain, dan bukan hanya diri Anda sendiri, membuat Anda merasa perlu mengajukan keluhan.

Baca Juga: Padu Padan Baju Lebaran Agar Tampil Kece

2. Anda sering berbicara kepada diri sendiri
Ilmuwan percaya ada manfaat besar mendengarkan diri kita sendiri berbicara. Mendengar diri Anda sendiri mengatakan sesuatu memiliki dampak yang berbeda pada otak Anda daripada membaca atau memikirkannya. Ini sebenarnya telah dikaitkan dengan menjadi lebih rendah hati, mengatasi emosi dengan lebih baik, dan menjadi lebih mampu menimbang keputusan dan perspektif lainnya. Ini, pada gilirannya, menunjukkan kecerdasan emosional yang lebih tinggi.

3. Anda memiliki pengendalian diri yang baik
Mampu menahan godaan dan menunggu merupakan tanda kecerdasan, terutama di kalangan remaja. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang lebih pintar dari rata-rata memiliki pengendalian diri yang lebih besar, terutama dalam hal pola makan. Faktanya, pengendalian diri telah ditemukan sebagai salah satu cara terbaik untuk memiliki hidup yang sehat, dan lebih cepat, lebih baik.

4. Anda bisa melakukan segala sesuatu dengan sendiri
Orang dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya tidak masalah jika menyendiri dengan pikiran dan idenya, dan tidak perlu bersosialisasi sepanjang waktu untuk bahagia. Karena mereka bisa begitu sibuk dengan agendanya sendiri, mereka tidak merasa takut ketinggalan saat tidak menghadiri acara sosial. Sebaliknya, mereka hanya memiliki sedikit teman dekat dan menikmati waktu yang mereka miliki untuk diri mereka sendiri.

5. Anda tidak berpikir Anda sangat pintar
Efek Dunning-Kruger menunjukkan bahwa orang yang memiliki kemampuan lebih rendah sering kali melebih-lebihkan diri mereka sendiri. Namun, orang dengan kecerdasan yang lebih tinggi tidak meremehkan atau melebih-lebihkan kemampuan mereka. Orang dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi lebih sadar akan apa yang tidak mereka ketahui dan, oleh karena itu, tidak melihat diri mereka sendiri sebagai orang yang sangat pintar.

Ini mungkin sesuatu yang Anda perhatikan pada individu yang sangat cerdas, yang tidak pernah mengklaim tahu segalanya dan selalu ingin tahu serta ingin belajar.

6. Sering menggigit kuku
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa menggigit kuku sebenarnya bukan tanda kecemasan. Menurut penelitian, kebiasaan menenangkan seperti menggigit kuku dan mencabut kulit sebenarnya adalah tentang perfeksionisme dan perasaan tidak puas Anda. Faktanya, tampaknya orang yang memiliki kecenderungan perfeksionis yang ekstrem dapat dikaitkan dengan kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memilikinya.

Baca Juga: Tips Memilih Baju Lebaran Untuk Anak

7. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet tampaknya terkait langsung dengan kinerja yang lebih baik dalam tes dan tugas memori, menurut penelitian. Memori, perhatian, dan fungsi eksekutif dan intelektual Anda dapat meningkat saat mengunyah permen karet. Namun, para ilmuwan mengalami beberapa kesulitan dan ketidaksepakatan saat membuktikan hal ini, karena hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja tugas.

8. Anda hanya memiliki sedikit teman
Orang yang cerdas diyakini memiliki lebih sedikit teman dan lingkaran sosial yang lebih kecil karena mereka lebih mandiri. Menurut teori Savanna, di masa lalu, manusia perlu berada dalam kelompok yang lebih besar untuk berburu dan menyelesaikan masalah bersama. Namun, saat ini, ketergantungan kita berkurang, terutama orang-orang yang sangat cerdas, yang dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Apa pendapat Anda tentang kebiasaan ini? Adakah ciri-ciri lain yang Anda perhatikan pada orang yang sangat cerdas?

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...