Inilah 3 Kapal Selam Terbaik Yang Pernah Dibuat

Rabu, 28 April 2021 | 10:13 WIB
google google

RIAU24.COM -  Penggunaan kapal laut tak serta-merta membuat pihak militer merasa puas dalam menjaga kedaulatan perairan. Kapal selam pun dikembangkan agar dapat mengawasi musuh di bawah air.

Banyak catatan sejarah yang menuliskan bahwa pengembangan awal kapal selam memang digunakan untuk kepentingan militer.

Sejak kapal selam pertama dikembangkan oleh William Bourne pada 1578, beberapa perusahaan mulai meningkatkan spesifikasi kapal selam, baik dari fasilitas, fungsi, dan persenjataan.

Kapal selam menggunakan tenaga yang beraneka macam, dari elektrik, diesel, hingga tenaga nuklir.

Baca Juga: Padu Padan Baju Lebaran Agar Tampil Kece

Inilah 3 Kapal Selam Terbaik Yang Pernah Dibuat:

1. Seawolf (AS)

Seawolf merupakan jenis kapal selam pemburu. Kapal ini dibuat untuk mengambalikan keunggulan teknologi Angkatan Laut AS atau Uni Soviet. Kapal selam ini dibangun oleh General Dynamics Electric Boat pada 1989 dengan menggunakan tenaga nuklir untuk menggerakkan mesin.

Kapal selam ini juga mempunyai fungsi lain, yakni untuk mencari dan menghancurkan kapal selam rudal balistik Uni Soviet terbaru pada masanya. Seawolf bisa dibilang kapal selam paling tenang (tak bersuara) di dunia yang pernah dibangun. Kapal selam itu sangat tenang bahkan pada kecepatan tinggi.

Sebagian besar dari kapal selam perlu menjaga kecepatan mereka hingga hanya 5 knot untuk menghindari deteksi oleh sonar. Sementara kelas Seawolf bahkan sampai 20 knot dan tak bisa terdeteksi sonar.

2. Virginia (AS)

Virginia merupakan kapal selam bertenaga nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut AS. Kapal selam ini dibangun mulai dari tahun 2000 hingga sekarang.

Kapal selam Virginia dilengkapi dengan 12 tabung Sistem Peluncuran Vertikal (VLS). Ini digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah serangan darat Tomahawk dengan jangkauan 1.700 km.

Selain itu, juga ada empat tabung torpedo 533 mm. Ini digunakan untuk menembakkan total 26 jenis Mk48 torpedo kelas berat dan rudal anti-kapal selam.

Kapal selam ini juga dapat digunakan untuk operasi khusus.

3. Astute (Inggris)

Kapal selam serangan bertenaga nuklir Astute pertama digunakan untuk Angkatan Laut Kerajaan pada 2010. Sejauh ini setidaknya ada tiga kapal yang melayani dinas Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Baca Juga: Tips Memilih Baju Lebaran Untuk Anak

Astute dibangun oleh perusahaan BAE Systems Maritime dan Barrow. Setidaknya, ada tujuh kapal dalam masa perakitan sampai hari ini.

Tujuh kapal ini bertujuan untuk menggantikan kapal selam serangan kelas Swiftsure yang memasuki masa pensiun. Kapal selam serangan ini dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm. Ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Spearfish, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudahl jelajah Tomahawk.

Kapal ini membawa 36 rudal dan torpedo. Rudal jelajah serangan Tomahawk memiliki jangkauan 1.700 km dan dapat menargetkan kapal musuh serta target darat.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...