Jika Bertemu Seseorang Yang Mendadak Mengalami Serangan Jantung Maka Jangan Panik, Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Jumat, 30 April 2021 | 09:02 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Hal yang pertama harus kamu lakukan ialah berusaha membuatnya batuk sekeras mungkin.

Hitunglah setiap dua detik lalu batuk. Lakukan sembari menuju ke tempat dokter atau rumah sakit terdekat yang bisa dijangkau.

Mengapa harus batuk terus jika terjadi serangan jantung? 

Baca Juga: Padu Padan Baju Lebaran Agar Tampil Kece

Tadeusz K. Petelenz, MD seorang ahli jantung Polandia mengutarakan alasannya, “batuk bisa menyelamatkan hidup Anda saat terasa nyeri dada akibat serangan jantung,” kata dia.

Selain itu berusaha untuk batuk pun dapat membuat Anda tetap sadar dan tidak pingsan. Sulitnya menangani kasus serangan jantung adalah bila pasien pingsan atau kehilangan kesadaran.

Batuk adalah cara yang mirip dengan pertolongan cardiopulmonary resuscitation (CPR), efeknya adalah merangsang jantung tetap bekerja sembari Anda mencari pertolongan medis.

Baca Juga: Tips Memilih Baju Lebaran Untuk Anak

Cara ini sudah diterapkan Petelenz kepada pasien jantung yang ia tangani, dengan mengajarkan mereka cara batuk yang dimaksud. Mereka harus berusaha batuk dari pagi hingga malam 10-30 batuk yang dilakukan per 1 detik.

Tak hanya itu, Anda juga harus mengenali gejala awal serangan jantung yakni sesak napas, mual, pusing, keringat dingin, lemah dan lemah serta gemetar yang mendadak.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...