Hal Yang Harus Dihindari Agar Puasa Tidak Batal

Sabtu, 01 Mei 2021 | 17:38 WIB
google google

RIAU24.COM -  Puasa bukan hanya sekedar perbuatan fisik berupa menahan lapar, haus, dan dorongan seksual. Hakikat puasa pembinaan dan pengendalian diri dari perbuatan-perbuatan tercela.

Oleh karena itu agar tujuan puasa tercapai, maka orang harus menghindari perbuatan-perbuatan yang disebutkan diatas.

1. Sikat Gigi saat Berpuasa

Baca Juga: Tahukah Anda, Ini Fakta Dibalik Kematian Misterius Akibat Sakit Perut Napoleon Bonaparte

Sebenarnya melakukan sikat gigi pada saat berpuasa, yang bisa menyebabkan batal puasa, masih menjadi perdebatan beberapa orang. Pada saat berpuasa, biasanya mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, namun hal ini adalah hal wajar terjadi. Namun, beberapa ulama berkata bahwa sikat gigi pada saat berpauasa bisa membuat batal, apalagi kalau dilakukan setelah waktu Zuhur.

2. Berenang

Pada saat berpuasa, harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, salah satunya dengan berolahraga. Berenang adalah salah satu jenis olahraga. Namun pada saat berpuasa, berenang bisa membuat puasa batal. Berenang adalah olahraga yang dilakukan di dalam air, sehingga berenang bisa membuat air masuk ke dalam tubuh, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

3. Emosi yang Berlebihan

Pada saat berpuasa, kita harus menahan emosi, dan juga harus belajar sabar. Seseorang yang sedang berpuasa, tidak boleh mengeluarkan emosi secara berlebihan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Emosi yang berlebihan, bisa membuat puasa menjadi batal. Apalagi jika emosi disertai dengan mengeluarkan kata-kata kotor atau memukul dan melukai seseorang.

4. Muntah

Muntah juga bisa menyebabkan puasa batal, karena dilakukan dengan sengaja. Muntah bisa membantu mengeluarkan isi perut yang kotor. Namun jika kita muntah, yang tidak sengaja karena sakit, hal tersebut tidak akan membuat puasa menjadi batal.

5. Merokok Pada Saat Berpuasa

Sebaiknya hindari merokok, karena merokok bisa membuat puasa menjadi batal. Saat puasa, sebaiknya tidak memasukkan apapun ke dalam mulut, sedangkan merokok dilakukan dengan memasukkan rokok ke dalam mulut dan dihirup.

Baca Juga: Pillow Talk, Rahasia Langgeng Hubungan Suami Istri

6. Berhubungan Seksual

Berhubungan seksual bisa membuat puasa batal. Karena pada saat puasa, seseorang harus belajar menahan nafsu, Bagi pasangan yang ingin melakukan hubungan seksual, sebaiknya lakukanlah pada saat metahai terbenam,atau sebelum matahari terbit. Berhubungan seksual bisa dilakukan pada saat sebelum sahur, atau saat setelah berbuka puasa, untuk menghindari puasa yang batal.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...