Raih Kesempatan di 10 Malam Terakhir Ramadhan

Minggu, 09 Mei 2021 | 00:17 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  RAMADAN akan segera berakhir. Setiap mukmin bermimpi bertemu malam Lailatul Qadar.

Ini karena ada keuntungan yang Allah janjikan kepada mereka yang selalu mencari keridhaan-Nya malam itu. Ini bertepatan dengan tindakan Nabi seperti dalam hadits: Nabi mencoba yang terbaik pada sepuluh malam terakhir Ramadhan lebih banyak usaha daripada malam-malam lainnya. [HR Muslim 2009].

Nama malam Al-Qadar sendiri membawa beberapa arti menurut pandangan para ulama. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa bagi orang-orang beriman yang selalu mencari keridhaan Allah.

1. Memiliki makna yang besar karena pada malam itu diturunkan kitab terbaik, Al-Quran.

2. Memikul makna sempit karena dunia pada malam itu menjadi sempit dengan banyaknya malaikat yang turun.

3. Membawa makna hukum atau keputusan karena pada malam itu semua hal ditentukan oleh Tuhan.

4. Menyimpan makna kemuliaan karena siapa yang tidak memiliki kemuliaan akan mendapat kemuliaan dengan melakukan ibadah pada malam itu.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa bagi orang-orang beriman yang selalu mencari keridhaan Allah. Ini karena Tuhan memberi tahu kita bahwa malam itu lebih baik dari 1.000 bulan.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Kue Lemper Ayam Bakar



Keunggulan ini dikarenakan adanya wahyu Alquran pada malam Lailatul Qadar yang merupakan malam yang penuh berkah sebagaimana yang Allah SWT sampaikan dalam Surah Ad-Dukhon ayat 3 yang artinya: Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami adalah pemberi peringatan.

Bagi yang beriman sudah menjadi kewajiban untuk berburu dan mempercepat amalan sunnah agar tidak berada di antara yang merugi.

Dalam sebuah hadits: Ketika Nabi naik mimbar, dia berkata: Amin, Amin, Amin (3 kali). Dia ditanya: Ya Rasulullah, ketika Anda naik mimbar, Anda berkata amin, amin, amin. Maka Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Jibril telah datang kepadaku, lalu dia (Jibril) bersabda: Barangsiapa memenuhi bulan Ramadhan tetapi tidak diampuni untuknya maka dia akan dimasukkan ke neraka dan dijauhkan (dari rahmat) oleh Allah SWT . Katakan (Wahai Muhammad): Amin. Lalu saya berkata: Amin. - [HR Ibn Hibban 907].

Jadi inilah kesempatan yang ditunggu agar pahala berlipat ganda karena beribadah malam itu seperti beribadah selama 84 tahun. Pertanyaannya sekarang adalah kapan malam Lailatul Qadar?

Rasulullah bersabda: Carilah Lailatulqadar pada malam yang ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan. - [HR Bukhari 1878].

Artinya malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam-malam ganjil yaitu malam 21,23,25,27 dan 29 malam.

Baca Juga: Cara Membuat Cumi Bakar Bumbu Ketumbar

Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan.

Di antara kearifan tersembunyi pada malam Lailatu Qadar yang disebutkan oleh para ulama adalah:

1. Menjadikan mukmin selalu sibuk dengan ibadah selama Ramadhan, terutama di jam-jam terakhir Ramadhan.

2. Menjadikan mukmin beribadah sepanjang malam dan tidak hanya fokus pada tanda-tanda malam Lailatul Qadar saja.

3. Selalu dalam kondisi beribadah dan tidak berbuat maksiat kepada Tuhan. Pasalnya, melakukan maksiat pada malam Lailatul Qadar merupakan kerugian besar bagi pelaku maksiat.

4. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena upaya mencari dan selalu istiqamah dalam memohon kepada Tuhan.

5. Untuk menunjukkan kebesaran Allah karena Dialah Yang Maha Mengetahui sebagaimana firman-Nya dalam Surat Al-Baqarah ayat 30: Aku tahu apa yang tidak kamu ketahui. Tingkatkan dzikir, sedekah atau amalan lain yang menyenangkan Allah.

Diantara tanda-tanda malam Lailatul Qadar seperti yang diriwayatkan oleh Ubadah bin al-Somit R.A di marfu; Sungguh malam itu bersih dan cerah, seolah-olah bulan bersinar dengan tenang, nyaman tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas dan tidak ada tempat bagi bintang untuk terlihat bersamanya sampai pagi.

Dan dari tanda bahwa matahari pagi keluar dalam keadaan tidak bercahaya dengan panas seperti bulan purnama dan iblis tidak punya tempat untuk pergi bersamanya pada hari itu. - (Umdah al-Qari11 / 134).

Maka carilah malam yang penuh berkah dengan amalan sunnah seperti mengaji, zikir, sholat sunnah, sholat, sedekah dan segala amalan yang diridhoi Allah. Ingat, Ramadhan ini akan datang hanya setahun sekali tapi sekali tidak datang maka ketahuilah bahwa saat itu kita sudah menjadi anggota kuburan.

Raih kesempatan ini bersama keluarga tercinta untuk bisa membangun keluarga tidak hanya di dunia tapi juga di surga Tuhan.

 

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...