Ini 3 Cemilan Ampuh Untuk Penderita Maag Agar Tidak Mudah Kambuh

Kamis, 06 Mei 2021 | 21:34 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Sakit maag sering kali mengharuskan penderitanya untuk lebih cermat dalam memilih makanan. Nah, beragam makanan untuk penyakit maag berikut ini mudah Anda temukan di rumah dan dapat Anda konsumsi untuk meringankan gejala atau bahkan mencegah penyakit maag.

Sakit maag umumnya ditandai dengan nyeri di ulu hati, sakit perut, perut kembung, atau mual akibat peradangan pada dinding lambung (gastritis). Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri, stres berat, hingga efek samping obat-obatan.

Tak hanya itu, sakit maag juga dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Kue Lemper Ayam Bakar

Bila gejala sakit maag sering kambuh atau semakin memburuk, hal ini dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti kanker lambung. Oleh karena itu, apabila Anda menderita sakit maag, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memperhatikan kembali makanan yang boleh dikonsumsi untuk penyakit maag.

Pemilihan makanan untuk penderita sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja lambung dan membantu mengurangi kelebihan asam lambung. Ada berbagai makanan untuk penyakit maag yang baik dikonsumsi, antara lain:

Makanan bersejat tinggi seperti apel bisa turunkan tingkat keasaman pada lambung sekaligus megatasi rasa kembung dan perih.

Baca Juga: Cara Membuat Cumi Bakar Bumbu Ketumbar

Sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau diet tinggi serat bisa membantu mencegah sakit maag. Sedangkan ubi rebus kaya akan vitamin A yang terbukti mampu atasi maag.

Makanan lainnya yang mampu cegah dan atasi maag adalah brokoli rebus. Brokoli mengandung sulforaphan yang berkhasiat sebagai antibakteri yang melawan bakteri penyebab rasa sakit maag. Makanan sayuran berwarna hijau ini dapat mencegah atau meredakan perut yang tak nyaman karena gastritis.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...