Tips Mendekorasi Rumah Untuk Menyambut Lebaran

Rabu, 12 Mei 2021 | 13:31 WIB
Foto : istimewa Foto : istimewa

RIAU24.COM -  Perayaan Lebaran semakin dekat. Meski berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Lebaran kali ini bisa jadi bakal dihabiskan lebih banyak di rumah bersama keluarga inti karena masih di tengah pandemi COVID-19.

Membersihkan, menata ulang, dan memajang dekorasi Lebaran untuk mengubah tampilan rumah bisa dilakukan untuk menjadikannya tetap berkesan. Dari mulai menata ulang ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga taman rumah agar lebih enak dilihat. Tak ada salahnya juga kemudian memajang dekorasi tambahan yang memberi nuansa Lebaran lebih berasa. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak tips berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Sup Kimlo Bakso Ikan



Dekorasi ruang tamu

Menggunakan barang-barang yang sudah ada dan sedikit hiasan bernuansa Lebaran membuat tampilan ruang tamu bisa jadi lebih menarik. Jangan berlebihan sehingga tidak tampak ribet dan ruang menjadi lebih lapang. Sofa menjadi fokus utama sehingga patut jadi perhatian dengan membersihkan dan atau memperbaiki yang rusak. Bantal duduk, jika ada, bisa memilih warna polos atau motif nuansa Lebaran, sesuai selera. Sementara, di atas meja bisa jadi Anda perlu menempatkan toples kue lebaran.  

Ruang keluarga

Tempat berkumpul bersama keluarga yang biasanya lebih memilih duduk di karpet bisa dibuat senyaman mungkin. Bisa memilih nuansa yang simpel, seperti warna putih dan biru polos, atau membuatnya bernuansa khas Maroko dengan lentera dan lampu hias berbentuk kubah. Sebagai hiasan, bisa juga menambahkan pajangan kaligrafi, tirai, dan atau mengganti frame foto sesuai warna yang diinginkan.  

Dapur dan kamar mandi

Buat lebih bersih dan bila perlu dicat ulang. Biasanya, dapur dan kamar mandi menjadi ruang yang kerap terlupakan, karena terlalu fokus di ruang tamu dan keluarga. Kali ini, Anda bisa membuat dapur dan kamar mandi lebih bersih, dan tambahkan pengharum ruangan agar lebih wangi, seperti aroma floral lavender, lily dan rose.  

Taman rumah  

Bagi yang memiliki taman baik di depan atau belakang rumah, momen menjelang Lebaran bisa jadi saat untuk membersihkan dan membuatnya lebih sedap dipandang. Menyapu, menggunting rumput, dan memberi hiasan bunga segar di sekitarnya bisa jadi salah satu alternatif untuk dilakukan. Anda juga bisa mengganti pot dan tanaman baru.

Baca Juga: Cocok Untuk Jualan, Ini Cara Membuat Risol Mayo

Pernak-pernik dekorasi  

Dalam prosesnya, menata ulang atau dekorasi rumah untuk Lebaran membutuhkan sejumlah pernak-pernik dari mulai bantalan, toples kue hingga hiasan dinding. Apa dan bagaimana cara memilih yang pas? 

Toples kue

Toples dapat disesuaikan dengan kue Lebaran yang ingin dihidangkan, dan sekaligus juga mempertimbangkan penempatannya ketika di ruang tamu. Pilihan toples ini bisa jadi membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih menarik.  

Cat rumah

Jika warna dinding rumah sudah kusam, tak ada salahnya untuk kembali mengecat ulang dengan warna baru. Putih bisa jadi warna netral, tapi bisa juga biru untuk sentuhan berbeda, adem, dan kekeluargaan.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...