Somniloquy Adalah Istilah Untuk Orang Yang Memiliki Kebiasaan Berbicara Saat Tidur, Ini Penyebabnya

Minggu, 06 Juni 2021 | 11:56 WIB
google google

RIAU24.COM Somniloquy adalah istilah untuk orang yang memiliki kebiasaan berbicara saat tertidur.

Berbicara saat tidur memang terkesan aneh. Tapi bisa jadi, Anda salah satu yang tidak sadar pernah mengalaminya.

Meskipun tidak termasuk sebagai sebagai masalah kesehatan, kondisi ini bisa menganggu orang yang mendengarnya. Mengigau bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak.

Baca Juga: Cara Membuat Tumis Kacang Panjang Bawang

Somniloquy atau yang kerap disebut mengigau ini bisa terjadi karena faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres dan kurang tidur.

Berbicara saat tidur terjadi selama fase REM (Rapid Eye Movement) dan non-REM sleep.

Ketika berbicara terjadi selama tidur REM (tahap ketika seseorang bermimpi), mulut seseorang dan pita suara yang biasanya tidak aktif saat tidur hidup dan kata-kata yang diucapkan dalam mimpi diucapkan dengan suara keras.

Kondisi yang juga bisa menjadi penyebab mengigau adalah sleep terror. Umumnya, kondisi ini terjadi pada anak-anak, tetapi bukan berarti orang dewasa tak bisa mengalaminya. Saat mengalami sleep terror atau night teror, orang yang mengalaminya seolah sedang dalam keadaan terbangun.

Baca Juga: 5 Kota Besar di Dunia Yang Kosong Karena Ditinggalkan Penduduknya

Jika mengalami kondisi ini, Anda bisa saja berteriak, menendang, atau melakukan sesuatu akibat rasa takut. Perasaan tersebut terbentuk dari apa yang Anda lihat dalam mimpi. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi saat Anda sedang berhalusinasi.

Hanya saja, orang yang mengalami kondisi ini sering kali tak mengingat apa-apa saat bangun keesokan paginya. Oleh sebab itu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sedang mengalami gangguan tidur yang satu ini.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...