Jangan Kaget, Tidak Hanya Sekedar Membersihkan Rumah, Inilah 5 Manfaat Jika Kamu Membuang Barang yang Tidak Berguna

Senin, 07 Juni 2021 | 13:16 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM - TIDAK mudah untuk benar-benar membuang barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan karena sebagian dari kita masih melekat pada ingatan akan sesuatu.Pad ahal, tindakan tersebut dapat memberikan berbagai manfaat bagi individu termasuk ketenangan dan peningkatan kualitas hidup.

Terlebih lagi selama musim lockdown, ini adalah waktu terbaik untuk menata kembali semua barang yang ada di rumah dan mungkin sebagian barang tersebut bisa disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Apa manfaat membuang barang-barang yang tidak terpakai untuk diri sendiri?

Baca Juga: Cocok Untuk Jualan, Ini Cara Membuat Risol Mayo

1. Meningkatkan kualitas tidur 

Studi membuktikan ruang di kamar tidur yang tenang tanpa barang-barang berantakan membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Kekacauan 'visual' di suatu ruang dapat menyebabkan perasaan gelisah, kacau, dan meningkatkan stres. Dalam suasana itu, otak sulit untuk rileks dan terus-menerus dirangsang.

2. Mencegah alergi

Ketika suatu ruang diisi dengan barang maka debu dan kotoran lebih mudah menempel padanya. Karena itu, pastikan untuk membuang barang-barang yang tidak perlu. Prosesnya tidak hanya membersihkan rumah tetapi juga menyederhanakan pekerjaan merapikan.

3. Pertajam pikiran

Rumah yang bersih akan meningkatkan daya kognitif dan pemecahan masalah. Dengan kata lain, mampu membuat seseorang lebih fokus dan lebih mudah mengambil keputusan ketika muncul masalah.

Baca Juga: Sering Melamun Atau Bengong Menandakan Bahwa Orang Tersebut Memiliki Kecerdasan Yang Tak Biasa

4. Bersantai

Saat Anda membersihkan rumah dan memilih barang untuk dibuang atau disumbangkan, Anda secara bersamaan mengaktifkan otak dan tubuh Anda. Ini karena dalam prosesnya Anda harus berpikir logis tentang apa yang harus disimpan dan sebaliknya.

5. Memberikan ketenangan pikiran

Gerakan fisik selain fokus pada proses sebenarnya bisa membantu Anda merasa tenang apalagi setelah melihat hasilnya.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...