Suku Ini Memakai Tato di Kepala dan Sumbat Hidung Mereka Agar Terlihat Jelek dan Tidak Ada Yang Bisa Menculik Mereka

Selasa, 08 Juni 2021 | 08:59 WIB
google google

RIAU24.COM Suku Apatani adalah sebuah suku di India yang hanya terdiri dari 60.000 anggota.

Sejak dulu, kelompok suku Apatani sering dipuji karena mereka melakukan pekerjaan bertani secara efisien. Bahkan dilakukan tanpa mesin dan hewan.

Perempuan Suku Apatani selalu dianggap memiliki paras yang indah diantara suku lainnya di Arunachal. Kecantikan mereka itu pun menjadi incaran orang-orang suku lain. Rasa ingin memiliki itu akhirnya menimbulkan berbagai masalah dan peperangan antar suku.

Karena masalah itu, kemudian Suku Apatani ini memiliki berbagai ritual dan tradisi yang unik dan beragam. Salah satunya adalah tradisi untuk menyumbat hidung agar terlihat tidak menarik.

Baca Juga: Baca Doa Pilihan Ini Berguna Untuk Mengawali Aktifitas Jumat Istimewa

Tidak hanya menyumbat hidung, suku ini juga sering membuat tato dan tindik. Khusus untuk tradisi menyumbat hidung, hal ini wajib dilakukan oleh para wanita di Suku Apatani.

Tato dan penyumbat hidung milik suku ini dianggap sebagai identitas suku ini oleh beberapa kaum perempuan asli.

Sumbatan hidung ini disebut sebagai 'Yaping Hurlo' dalam bahasa lokal. Menurut banyak sumber, tradisi unik ini hanya diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi.

Untuk membuat penyumbat hidung ini, pertama harus mengumpulkan batang kayu kering yang dihaluskan dengan membakar ujungnya dan menggosoknya pada permukaan yang keras dan halus.

Selama proses pembuatannya, sterilitas kayu harus diutamakan agar tidak menimbulkan risiko cedera atau infeksi pada hidung.

Namun, tradisi tersebut tidak lagi dilakukan oleh wanita kelahiran 1970, sehingga tradisi ini dilupakan dan menghilang seiring berjalannya waktu. Penduduk suku Apatani saat ini hanya tersisa 26 ribu jiwa. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke wilayah suku Apatani, masih banyak ditemui perempuan yang melakukan tradisi memakai Tippei.

Baca Juga: Tak Disukai Ronaldo, Ternyata Coca-Cola Bermula Dari Minuman Obat Racikan Apoteker

Generasi muda tak meneruskan tradisi ini karena menjadi pemandangan yang aneh bagi mereka untuk ke kota mencari pekerjaan dalam tampilan wajah yang tak biasa.

Bentuk hidung dan tato yang menempel pada wajahnya akan menandai kisah sulit yang harus dilewati wanita suku Apatani untuk bertahan hidup di desanya.

 

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...