Kamu Harus Tau, Ini Trik Ampuh Keluarkan Kotoran Telinga dengan Cepat Tanpa Dikorek

Kamis, 10 Juni 2021 | 08:59 WIB
google google

RIAU24.COM - Telinga sebenarnya dapat dibersihkan secara manual maupun dengan bantuan tindakan medis.

Meski begitu, kotoran telinga pada dasarnya akan keluar dengan sendirinya, berkat dorongan otot pipi saat mengunyah makanan.

Namun, jika kotoran telinga sudah menumpuk, hingga mengeras, maka perlu membersihkan telinga untuk mencegah penyumbatan telinga dan gangguan pendengaran.

Banyak dari kita yang suka menggunakan cotton bud (pembersih telinga) untuk membersihkan telinga bukan? Padahal, penggunaan cotton bud bisa dibilang cukup berbahaya karena akan semakin mendorong kotoran telinga lebih dalam. Tak hanya itu, paramedis juga mengatakan, alat tersebut juga dapat berisiko menyebabkan gendang telinga pecah jika tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Cara Membuat Tumis Kacang Panjang Bawang

Sebenarnya, kotoran telinga yang ingin kita keluarkan juga bermanfaat untuk melindungi, melumasi kanal, dan memiliki sifat antimikroba terhadap infeksi. Namun jangan menggunakan cotton bud dan terlalu sering membersihkannya, menurut para peneliti di University of Pittsburgh Medical Center.

Berikut ini cara membersihkan telinga paling ampuh secara alami tanpa dikorek, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

1. Minyak zaitun

Caranya: Celupkan kapas pada minyak zaitun lalu peras. Tempatkan kapas tersebut ke dalam telinga dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Ulangi cara ini jika dirasa perlu.

2. Baby oil

Selain pakai minyak zaitun, kamu juga bisa memanfaatkan baby oil untuk mengeluarkan kotoran telinga. Adapun caranya sama dengan menggunakan minyak zaitun, hanya diganti dengan baby oil.

3. Cuka dan alkohol

Baca Juga: 5 Kota Besar di Dunia Yang Kosong Karena Ditinggalkan Penduduknya

Campurkan alkohol dengan cuka kemudian semprotkan ke telinga. Selanjutnya ambil kapas untuk membersihkan kotoran. Ulangi lagi cara ini agar hasilnya maksimal.

4. Air garam

Air garam hangat juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Miringkan kepala lalu teteskan air garam hangat ke dalam telinga. Setelah itu, bersihkan pakai kapas lembut.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...