Tahukah Kamu, Stetoskop Dulu Diciptakan Karena Dokter Merasa Tidak Nyaman Saat Menempatkan Telinganya di Dada Pasien Wanita

Rabu, 23 Juni 2021 | 08:44 WIB
google google

RIAU24.COM Stetoskop merupakan salah satu alat medis yang banyak digunakan oleh tenaga kesehatan.

Namun, tahukah kamu sejak kapan dan bagaimana stetoskop ditemukan?

Stetoskop ditemukan oleh dokter Prancis bernama Rene Laennec di tahun 1816. Saat itu, dia sedang mendapatkan pasien seorang wanita dengan masalah jantung dan memiliki kelebihan berat badan.

Baca Juga: Resep Tahu Telur Surabaya

Sebelum ditemukan stetoskop, dokter memeriksa pasien dengan menempelkan telinga mereka secara langsung di dada atau punggung. Praktik ini dibuat auskultasi.

Laenec saat itu merasa tidak nyaman memeriksa wanita itu dengan praktik tradisional tersebut. Selain itu, kegemukan juga membuat pemeriksaan menjadi sulit untuk digunakan.

Namun, dokter kelahiran 1781 itu ingat sebuah teknik sederhana yang pernah dipelajarinya. Laennec langsung menggulung selembar kertas ke dalam benda semacam tabung silinder lalu menempelkannya ke daerah jantung di satu sisi, sementara sisi lainnya di telinganya.

Laennec kemudian melanjutkan pertemuannya itu dengan membuat versi yang terbuat dari kayu dan bisa digunakan sehari-hari. Dia menyebutnya stetoskop yang berasal dari bahasa Yunani yaitu 'stetos' untuk dada dan 'scopos' atau pemeriksaan.

Tahun 1819, dia mempresentasikan temuannya di Academie de Madecine. Di sana, stetoskop disambut baik dan mulai digunakan oleh para dokter di seluruh Eropa, lalu berlanjut ke Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Kota Baku, Ibu Kota Negara Api Abadi yang Berada di Tepi Laut Kaspia

Pada 1840, dokter Inggris Golding Bird menciptakan stetoskop yang lebih fleksibel dengan sebuah "selang". Desain tersebut terus diubah oleh para dokter di dunia hingga pada 1851, dokter Irlandia, Arthur Leared menciptakan stetoskop binaural pertama kalinya.

Sementara, stetoskop elektronik pertama kali diproduksi pada 1970-an dan terus disempurnakan hingga sekarang.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...