Sejarah Indonesia : Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Tim Olimpiade Indonesia Pernah Diusir Saat Akan Bertanding di Jepang Puluhan Tahun Silam

Rabu, 14 Juli 2021 | 10:12 WIB
Foto : Jatim News Foto : Jatim News
<p>RIAU24.COM -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang olahraga Olimpiade Tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang. Acara pelepasan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 8 Juli 2021.

Presiden meminta para atlet yang akan berangkat untuk fokus meraih prestasi yang membanggakan bagi negara dan seluruh rakyat Indonesia.

“Hari-hari ini sampai ke puncak pertandingan agar jaga kesehatan, jaga stamina, jaga motivasi, dan fokus pada pertandingan dan fokus pada prestasi. Rakyat menaruh harapan besar kepada Saudara-saudara dan prestasi Saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Tahu Telur Surabaya

Pada Olimpiade yang akan digelar pada tanggal 23 Juli hingga 10 Agustus ini, Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 28 atlet dan 17 ofisial dari 8 cabang olahraga (cabor) yang sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Kedelapan cabor tersebut yaitu atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

Tapi tahukah Anda, ternyata tim Olimpiade Indonesia pernah diusir saat akan bertanding di ajang olaharga terbesar di dunia tersebut. Insiden menyedihkan itu terjadi pada tahun 1964.

Dilansir dari akun TikTok @SINIAR, diketahui sebanyak 100 atlet asal Indonesia pulang ke tanah air.

Padahal saat itu mereka belum sempat bertanding, namun sudah disuruh pulang oleh panitia Olimpade Tokyo, Jepang.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Kota Baku, Ibu Kota Negara Api Abadi yang Berada di Tepi Laut Kaspia

Hal ini disebabkan karena Hukuman dari Federasi Olahraga Internasional terhadap Indonesia.

Karena pada saat penyelenggaraan Asian Games 1962 di Jakarta, Indonesia menolak untuk mengundang dan memberikan visa bagi Israel dan Taiwan yang mengakibatkan dihukumnya tim Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Tokyo, Jepang.

Semoga di ajang Olimpiade kali ini, Indonesia berhasil meraih medali emas sebanyak-banyaknya dan bisa membalas insiden yang terjadi puluhan tahun silam tersebut.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...