6 Cara Cepat Menghilangkan Mata Bengkak Karena Menangis

Rabu, 14 Juli 2021 | 21:04 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Ada kalanya kita tidak ingin orang lain mengetahui bahwa kita habis menangis. Sayangnya, menangis sering kali meninggalkan tanda yang jelas, yaitu mata bengkak.

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis sebenarnya mudah. Namun pertama-tama, mari ketahui terlebih dahulu penyebab mata bengkak setelah menangis.

Air mata yang keluar saat menangis karena luapan emosi dikatakan memiliki kadar air yang lebih tinggi. Jaringan sekitar mata yang mengandung cukup banyak garam dan sedikit air akan menyerap kelebihan air ini saat Anda menangis. Itulah mengapa mata mudah bengkak setelah menangis.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang cukup mudah untuk dilakukan:

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Lakukan 3 Metode Ini Bila Hidung Tersumbat karena Covid-19

1. Kompres dengan air dingin

Kompres mata dengan air dingin dapat membantu mengurangi proses pembengkakan. Cukup ambil waslap bersih dan basahi air dingin. Duduklah di tempat tidur atau di kursi yang nyaman. Oleshkan lap basah dingin langsung ke kulit di sekitar mata selama beberapa menit, tekan lembut.

2. Tempelkan irisan timun

Irisan mentimun juga dapat membantu menenangkan mata bengkak dan mengurangi pembengkakan. Tetapi gunakan mentimun dingin. Bisa kamu letakkan mentimun di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah itu cuci mentimun, lalu potong menjadi dua irisan ketebalan sekitar 1/4 inci. Kemudian letakkan mentimun pada kelopak mata hingga rasa dingin hilang. 

3. Tempelkan kantong teh

Kafein yang terdapat pada teh baik untuk kesehatan dan kecantikkan. Teh hitam mengandung kafein, terbukti bahwa kafein teh hitam dapat menembus kulit,  mengurangi bengkak, dan dapat meningkatkan sirkulasi darah. Untuk mencoba metode ini, basahi dua kantong teh, dinginnkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata selama 15 sampai 30 menit.

4. Minum air yang banyak

Saat mata kelelahan setelah mengeluarkan air mata, maka hal itu juga berdampak pada tubuh. Ambil segelas air dan terus minum. Air meresap ke seluruh tubuh saat hidrasi termasuk pada bagian mata. Para ahli menganjurkan untuk minum air 8 gelas perhari untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Air mawar

Baca Juga: Cara Membuat Sambal Bawang Cumi

Air mawar memiliki sifat mengencangkan kulit, sehingga dapat mengurangi bengkak mata secara cepat dan alami. Caranya cukup mudah, rendam kapas bersih di dalam rendaman mawar, lalu letakkan kapas tersebut di atas mata selama 5 menit. Setelah itu bilas bersih mata dengan air dingin.

6. Susu

Kamu bisa mengompres mata bengkak dengan susu. Caranya mudah, siapkan susu tawar alami secukupnya. Celupkan dua bola kapas bersih ke dalam susu tersebut. Letakkan bola kapas langsung ke kelopak mata yang bengkak. Susu tak hanya bisa mengurangi bengkak, tapi juga memiliki manfaat untuk mengurangi lingkaran hitam di mata.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...