Tahukah Anda, Ternyata Inilah Tumbuhan Langka di Indonesia yang Terancam Punah, Nomor 7 Beratnya Mencapai 1 Ton...

Senin, 26 Juli 2021 | 08:37 WIB
Foto : Pohon Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) Foto : Pohon Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

RIAU24.COM - Dari jutaan jenis flora yang hidup di tanah air, tahukah Anda ada beberapa tumbuhan langka di Indonesia yang terancam punah.

Kabar duka ini tak hanya menjadi perhatian bagi para pegiat dan pihak-pihak pemerhati flora di Indonesia. Apalagi banyak tumbuhan langka di Indonesia yang sangat unik dan tak bisa ditemukan di tempat lain di dunia ini selain di Indonesia.

Simak daftarnya!

Baca Juga: Tampak Biasa, Mengapa Iridium Lebih Mahal daripada Emas?

1. Bunga Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii)
Tumbuhan langka di Indonesia yang berada di peringkat pertama daftar tumbuhan yang terancam punah yaitu bunga Padma Raksasa atau bunga Rafflesia. Tumbuhan ini mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat sehingga tak heran bila sering disebut sebagai bunga bangkai. Bunga ini terkenal di dunia karena memiliki ukurannya yang besar dengan diameter 1 meter dan berat mencapai 10 kilogram.

2. Edelweiss Jawa (Anaphalis javanic)
Tumbuhan berikutnya yang masuk kategori tumbuhan langka di Indonesia yaitu Edelweiss Jawa atau Bunga Senduro.Habitat bunga ini yaitu di sekitar pegunungan di wilayah Pulau Jawa yang biasanya tumbuh berkembang setelah terjadinya erupsi.
Populasi bunga ini semakin kritis akibat ulah tangan jahil para pendaki gunung yang memetik dan menjadikannya sebagai hadiah. Saat ini bunga ini hanya tersisa di wilayah Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Rinjani.

3. Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)
Selain bunga Padma Raksasa, ada lagi bunga lain yang disebut bunga bangkai yakni bunga dengan nama latin Amorphophallus titanum. Perbedaan bunga bangkai ini dengan bunga Padma Raksasa yaitu pada bentuk bunga yang menjulang ke atas dan dapat mencapai 4 meter. Habitat asli bunga bangkai berasal dari Sumatera, namun, saat ini bunga ini telah banyak dilestarikan dan salah satunya ada di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Bandung.

4. Pohon Damar (Agathis dammara)
Pohon damar juga termasuk kategori tumbuhan langka di Indonesia yang sudah semakin terancam punah karena pengaruh eksploitasi. Tumbuhan yang dapat mencapai tinggi 60 meter ini selain dimanfaatkan kayunya juga sering diambil getahnya untuk pembuatan kopal. Uniknya, pohon ini memiliki nama yang berbeda seperti misalnya pohon salo (Ternate), ki damar (Sunda), dayungon (Samar), dan kisi (Buru).

5. Kantong Semar (Nepenthes)
Tumbuhan langka di Indonesia berikutnya yaitu pohon Kantong Semar yang bahkan telah dikenal di dunia karena keunikannya.Keunikan utamanya terletak pada kemampuan Kantong Semar dalam memangsa serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang. Sayangnya, keberadaan Kantong Semar saat ini sudah semakin langka sehingga harus menambah upaya pelestarian agar tak punah.

.

Baca Juga: Butuh Camilan Santai Saat di Rumah? Coba Perkedel Jagung Manado

6. Pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn)
Pohon ulin atau bulian atau kayu besi merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Kayu ulin sering diambil sebagai bahan konstruksi seperti rumah, jembatan, atau kapal laut karena memiliki kualitas yang sangat baik. Akibatnya, saat ini keberadaan pohon ini semakin sedikit dan mulai dikategorikan sebagai tumbuhan langka di Indonesia yang harus dilestarikan.

7. Pohon Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)
Bunga hias seperti anggrek tebu juga ternyata bisa termasuk sebagai tumbuhan langka di Indonesia yang harus dilestarikan. Anggrek tebu merupakan famili keluarga anggrek yang paling besar dan beratnya satu bunganya ada yang bisa mencapai hingga 1 ton. Saking langkanya, bunga anggrek tebu kini menjadi tumbuhan dengan status langka dan dilindungi oleh pemerintah.

Itulah beberapa tambuhan langka di Indonesia yang harus dilindungi.


 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...