Tahukah Anda, Inilah Ikan Raksasa di Bumi yang Hampir Punah

Minggu, 01 Agustus 2021 | 18:06 WIB
Foto : World of Buzz Foto : World of Buzz

RIAU24.COM -  Jenis ikan memang begitu beragam, terutama untuk ikan di lautan luas, yang mungkin banyak di antaranya belum teridentifikasi. Salah satu jenis ikan di lautan yang menarik banget adalah ikan Atlantic goliath grouper yang sesuai dengan namanya memiliki habitat di Samudra Atlantik. 

Selain itu, masih banyak beberapa fakta menarik lain dari ikan bernama latin Epinephelus itajara satu ini yang pastinya menarik untuk disimak. Buat yang ingin tahu, langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

1. Ikan yang berhabitat di Samudra Atlantik

Baca Juga: Inilah 5 Tempat Paling Berhantu di Chennai



Ikan Atlantic goliath grouper merupakan jenis ikan yang mendiami Samudra Atlantik bagian barat. Sebarannya mulai dari bagian selatan Amerika Serikat, Teluk Meksiko, Karibia hingga ujung selatan Brasil. Selain di Benua Amerika, ikan ini juga dapat ditemui di sebelah barat pesisir Sub-Sahara Afrika.  

Ikan ini tinggal pada area dasar laut, sekitar kedalaman 50 meter dan menyukai tempat dipenuhi oleh terumbu karang, mangrove ataupun pada bekas kapal karam, sesuai dalam laman National Geographic. 

2. Mempunyai ukuran raksasa dan salah satu ikan terbesar



Ikan Atlantic goliath grouper mempunyai ukuran yang begitu besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan ukuran manusia dewasa. Menurut laman Oceana, ukuran ikan ini mampu mencapai panjang maksimum kurang lebih 2.5 meter dan beratnya yang mencapai 320 kg. Membuat ikan ini menjadi salah satu ikan terbesar yang ada di perairan dangkal Samudra Atlantik.

Sementara warna dari ikan raksasa ini juga hampir sama dengan warna terumbu karang, sehingga menguntungkan apabila hendak menangkap dan menyergap mangsanya. 

3. Tergolong ikan predator penyergap yang ganas

Meskipun ikan ini terlihat kurang gesit dan cenderung banyak berdiam diri, tapi ikan Atlantic goliath grouper tergolong predator yang ganas. Berdasarkan laman Oceana, ikan ini mampu menyergap mangsanya dengan cukup agresif, serta akan menelan mangsanya bulat-bulat dengan mulutnya yang sangat besar. Selain itu, tak jarang ikan ini dapat menyerang para penyelam di perairan tertentu. 

Sedangkan makanan utamanya berupa ikan-ikan kecil ataupun berbagai jenis lobster, gurita, ikan barracuda bahkan terkadang dapat pula memakan ikan hiu kecil. Oleh karena itu, ikan ini menjadi pemangsa puncak dari jarang makanan yang ada di dasar laut. 

4. Tergolong ikan protogynous hermaphrodites

Baca Juga: Gampang Buatnya, Ini Resep Sate Kerang yang Enak


Salah satu keunikan lain dari Ikan Atlantic goliath grouper ini adalah termasuk ikan protogynous hermaphrodites, yang mana memiliki dua kelamin dalam satu tubuh. Menurut Floridamuseum, ketika berusia muda ikan ini akan tumbuh sebagai betina, namun saat usia tertentu ikan ini akan berubah menjadi jantan.  

Pada sisi lain, ikan ini cenderung hidup sendiri, akan tetapi saat musim kawin ia akan melakukan perjalanan jauh dan mencari kelompok besar. Ikan ini akan bergabung dengan kelompok besar yang diperkirakan mencapai 100 individu yang disebut dengan spawning aggregation, sesuai laman Oceana. 

5. Sayangnya ikan ini termasuk terancam punah

Sayangnya ikan Atlantic goliath grouper termasuk ikan yang dilindungi, karena jumlahnya yang semakin sedikit dan kian langka. Bahkan ikan ini masuk dalam kategori vulnerable menurut IUCN Red List, hanya dalam kurun waktu 10 tahun saja. Berkurangnya populasi ikan ini disebabkan banyaknya penangkapan dikarenakan ikan ini yang tak takut terhadap manusia. 

Di lain sisi, ikan ini juga memiliki pertumbuhan yang lambat sehingga menyebabkan populasinya tidak mudah untuk bertambah. Ikan ini memiliki lama hidup mencapai 37 tahun lamanya dan akan berusia dewasa ketika sudah mencapai usia 6-7 tahun. 

Nah, itu tadi deretan kelima fakta dari ikan Atlantic goliath grouper yang pastinya menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian tentang binatang langka yang hampir punah. 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...