Tahukah Anda, Hanya Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini, Anda Bisa Memperpanjang Umur Hingga 5 Tahun

Kamis, 05 Agustus 2021 | 08:58 WIB
Foto : India Foto : India
<p>RIAU24.COM - Berkali-kali, penelitian telah membuktikan bahwa makan makanan yang tepat dapat membantu Anda tetap sehat. Menambahkan atau menghapus hal-hal tertentu dari diet ternyata dapat berdampak signifikan pada kesehatan jantung dan otak Anda.

Sekarang, sebuah studi baru menemukan bahwa apa yang Anda makan dapat membantu Anda hidup lebih lama, dengan satu jenis makanan saja ternyata mampu memperpanjang hidup Anda hingga lima tahun.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinal Nutrition seperti dilansir Riau24.com dari India.com, Kamis (5/8/2021), mengatakan jika makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rentang hidup.

Baca Juga: Negara-negara Ini Izinkan Warganya Miliki Kewarganegaraan Ganda, Apakah Manfaatnya?



Studi ini merupakan hasil kolaborasi antara Hospital del Mar Medical Research Institute (IMIM) Spanyol dan The Fatty Acid Research Institute untuk melihat apakah kadar asam lemak omega-3 dalam darah dapat digunakan untuk memprediksi risiko kematian secara akurat.

Para peneliti melihat data dari 2.240 orang dewasa di atas 65 tahun yang merupakan bagian dari Framingham Offspring Cohort, sebuah studi jangka panjang yang telah melacak kesehatan penduduk kota Massachusetts sejak 1971.

Waktu rata-rata yang dihabiskan untuk memantau setiap pasien kira-kira 11 tahun. 

Sesuai hasil penelitian, bahkan kenaikan 1% kadar omega-3 dalam tes secara signifikan mengurangi kemungkinan kematian dini.

Penulis studi Aleix Sala-Vila dari IMIM's Cardiovascular Risk and Nutrition Research Group mengatakan, "Memiliki kadar asam yang lebih tinggi dalam darah, sebagai akibat dari secara teratur memasukkan ikan berminyak ke dalam makanan, meningkatkan harapan hidup hampir lima tahun."

Baca Juga: Cara Membuat Bolu Apel Panggang

Mereka juga menemukan bahwa memasukkan omega-3 adalah indikator yang baik untuk umur yang lebih panjang, sedangkan merokok adalah penyebab pasti dari umur yang lebih pendek.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan tingkat kematian dini dengan omega-3. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications termasuk asam lemak seperti omega-3 dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 13 persen. Ini menurunkan risiko mengembangkan penyakit kardiovaskular dan juga dapat menurunkan risiko beberapa keganasan.

Tidak Ada Kata Terlambat
Temuan penelitian ini tidak terduga karena mereka menemukan empat jenis asam lemak dalam darah terkait dengan kemungkinan kematian yang lebih rendah. Ini terdiri dari dua asam lemak jenuh, yang diketahui meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Mereka juga menemukan bahwa membuat perubahan kecil tapi tepat dalam diet Anda dapat memiliki dampak yang sangat kuat pada hidup Anda. Penulis juga menyoroti fakta bahwa usia orang-orang yang termasuk dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan ini dalam diet Anda.


Sumber Asam Lemak Omega-3 Yang Dapat Anda Sertakan Dalam Diet Anda
Omega-3 adalah asam lemak penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk berfungsi dengan baik. Salah satu keuntungan paling signifikan mereka adalah bahwa mereka tampaknya memiliki sifat anti-inflamasi. Ini menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk penyakit jantung, radang sendi, mengurangi peradangan dan mencegah beberapa penyakit kronis.

Makanan yang mengandung omega-3 tinggi antara lain:

  • Ikan berlemak air dingin seperti makarel, salmon, tuna, sarden, dll.
  • minyak ikan cod
  • tiram
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Minyak tumbuhan
  • Makanan yang diperkaya seperti telur, yoghurt, jus, susu, kedelai, dll.

Meskipun sumber omega-3 ini baik untuk kesehatan Anda, selalu ada baiknya untuk mendiskusikan penggunaan obat atau suplemen apa pun dengan dokter Anda.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...