Tahukah Anda Jika Bahan Kimia Dalam Tabir Surya Ternyata Berpotensi Menghancurkan Terumbu Karang Lho...

Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:50 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  Jika kita masih ingin menikmati terumbu karang setelah pandemi, mari kita mulai membuat pilihan yang lebih baik!

Mengingat kita sudah lama terjebak di dalam ruangan, cukup sulit membayangkan saat kita biasanya bepergian ke pantai dan bersantai di bawah sinar matahari. Rutinitas yang cukup penting ketika kita pergi ke pantai adalah memakai tabir surya.

Namun, tahukah Anda bahwa bahan kimia tertentu dalam tabir surya telah menyebabkan rusaknya terumbu karang?

Baca Juga: Negara-negara Ini Izinkan Warganya Miliki Kewarganegaraan Ganda, Apakah Manfaatnya?

Departemen Konservasi Thailand telah melarang tabir surya yang mengandung bahan kimia yang merusak karang dari semua taman nasional lautnya, lapor BBC. Lotion yang digunakan wisatawan ini dikatakan telah mempengaruhi karang yang tumbuh lambat di terumbu.

Tabir surya yang mengandung keempat bahan kimia ini telah terbukti menghancurkan karang, menghambat reproduksi dan menyebabkan pemutihan terumbu karang. Bahan kimia tersebut adalah sebagai berikut:

 Individu yang melanggar larangan dapat didenda 100.000 Baht, tetapi pemerintah Thailand belum mengkonfirmasi bagaimana mereka akan menegakkan aturan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Bolu Apel Panggang

Larangan serupa telah diperkenalkan oleh Kepulauan Pasifik di Palau dan Hawaii.

Jadi bagaimana memilih tabir surya yang aman bagi terumbu karang ?

Yah, ini tidak berarti, Anda harus melarang tabir surya secara langsung, sebaliknya, ketika Anda membeli, Anda dapat membuat pilihan yang lebih bijaksana. Seperti dilansir Riau24.com dari Chasing Coral, Kamis, 5 Agustus 2021, inilah yang dapat Anda lakukan saat membeli tabir surya yang aman untuk terumbu karang:

  • Pastikan tabir surya tidak mengandung oxybenzone dan octinoxate dalam bahan yang terdaftar.
     
  • Pilih tabir surya berbasis mineral yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida. Daripada diserap seperti tabir surya tradisional, partikel-partikel bahan ini berada di atas kulit dan menghalangi sinar UV yang berbahaya.
     
  • Bahan tabir surya harus “non-nano” artinya partikel bahan harus berukuran di atas 100 nanometer sehingga tidak dapat dicerna oleh karang. Tabir surya yang aman untuk terumbu karang akan memiliki label "aman untuk terumbu karang" pada kemasannya, tetapi pastikan untuk memeriksa daftar bahannya juga!
PenulisR24/dev


Loading...
Loading...