Studi Menunjukkan Penggemar Film Horor Secara Psikologis Lebih Kuat dan Lebih Baik Dalam Mengatasi Pandemi

Minggu, 05 September 2021 | 18:07 WIB
Foto : World of Buzz Foto : World of Buzz

RIAU24.COM -  Jika ada sesuatu yang disorot oleh pandemi ini selain yang sudah jelas, itu adalah pentingnya kesehatan mental, terutama karena kita telah dipaksa untuk mengubah gaya hidup kita selama berbagai penguncian.

Seiring dengan perubahan gaya hidup kita, pandemi juga membawa rasa takut dan khawatir terus - menerus yang telah mendorong banyak orang menuju kondisi kesehatan mental yang tidak sehat .

Tapi, mungkin ada cara untuk membantu Anda mengurangi kesusahan dan mengatasi pandemi dengan cara yang jauh lebih baik, terutama untuk penggemar film horor!

 

Baca Juga: Kamu Suka Warna Biru? Ternyata Ini yang Terbaca dalam Karaktermu


Sebuah studi yang dilakukan oleh Research Program for Media, Communication, and Society dan School of Communication and Culture di Aarhus University, Denmark, pada April 2020 setelah Covid-19 resmi dinyatakan sebagai pandemi global, mengungkapkan bahwa film horor telah membantu orang mengatasi pandemi yang sedang berlangsung dengan lebih baik, lapor The Independent .

Studi yang dipublikasikan pada 15 September 2020 dalam jurnal 'Personality and Individual Differences' menyebutkan bahwa selain kebanyakan orang menonton film seram untuk hiburan, cerita seram juga memberikan banyak kesempatan belajar .

“Fiksi memungkinkan penonton untuk menjelajahi dunia versi imajiner dengan biaya yang sangat murah. Melalui fiksi, orang dapat belajar bagaimana melarikan diri dari pemangsa berbahaya, menavigasi situasi sosial baru, dan melatih keterampilan membaca pikiran dan pengaturan emosi mereka.”

Menurut penelitian yang terdiri dari 310 peserta, mereka yang menunjukkan preferensi untuk horor mengatakan bahwa mereka telah mengalami lebih sedikit tekanan psikologis selama beberapa minggu terakhir.

"Mengalami emosi negatif dalam suasana yang aman, seperti selama film horor, dapat membantu individu mengasah strategi untuk menghadapi rasa takut dan lebih tenang menghadapi situasi yang menimbulkan rasa takut dalam kehidupan nyata," tambahnya.

 
Baca Juga: Terungkap! 3 Miliar Orang Saat Ini Tak Pernah Sekalipun Mengakses Internet, Kenapa?


Oleh karena itu, penelitian ini memperingatkan penggemar non-horor untuk tidak mencari film paling menakutkan dengan harapan dapat meningkatkan mekanisme koping mereka karena "itu mungkin hanya memperburuknya."

Selain itu, dijelaskan bahwa jika Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda dalam pengaturan emosi serta membantu Anda menghadapi pandemi dengan lebih baik, akan lebih baik untuk menonton film yang sangat menakutkan bagi Anda , daripada film yang dianggap paling menakutkan. secara umum.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...