Ubanan Saat Umur Masih Muda, Kenapa?

Sabtu, 11 September 2021 | 11:24 WIB
google google

RIAU24.COM - Tak hanya faktor bertambahnya usia, bagi sebagian orang uban muncul lebih dini.

Bagi sebagian masyarakat, uban seolah menjadi penanda bahwa seseorang sudah mulai menua. Ada juga anggapan bahwa uban yang muncul lebih dini berarti orang tersebut mudah marah atau sering stres.

Faktanya, seseorang yang masih muda sekalipun juga bisa ubanan

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab munculnya rambut putih atau uban di usia muda?

Baca Juga: 4 Pembunuhan Paling Populer di Amerika, Ada yang Tak Terpecahkan hingga Sekarang

1. Stres

Tahukah kamu bahwa rasa stres dapat menjadi penyebab macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut? Melanin dihasilkan oleh sel melanosit dan rambutmu akan berubah warna menjadi putih saat melanosit dalam tubuh kamu tidak dapat mencukupi produksi melanin.

Macetnya produksi melanin karena rasa stres sifatnya hanya sementara saja, artinya saat rasa stresmu sudah hilang, produksi melenin dalam tubuhmu akan kembali normal dan warna rambut hitam pada rambut akan kembali lagi.

Walau begitu, untuk mengatasi permasalahan ini sangat disarankan bagi kalian untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12. Hal ini karena vitamin B12 dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala.

2. Gizi buruk

Tidak tercukupinya asupan gizi tidak hanya akan berdampak pada tubuh kalian, melainkan juga pada rambut kalian. Hal ini berlaku untuk kalian yang seringkali mengonsumsi makanan dengan sembarangan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kalian tersebut.

Gizi buruk akan menjadi penyebab muculnya rambut putih di usia dini, yang ditandai dengan rambut yang kemerahan, kusut dan tampak tidak sehat.

Baca Juga: 4 Hal Unik Mengenai Jepang, Nomor 1 Bikin Ilmuwan Penasaran

3. Faktor gen

Selain dua hal di atas, ada lagi satu penyebab munculnya rambut putih di usia muda. Faktor keturunan atau gen.

Yang dimaksud dengan faktor gen adalah suatu keadaan dimana orangtua kalian memiliki masalah rambut beruban saat masih muda yang kemudian diturunkan ke anaknya (kalian) atau kepada cucunya kelak.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...