5 Masjid Terindah Sedunia, 2 di antaranya Ada di Negara Mayoritas Muslim Ini

Rabu, 15 September 2021 | 09:42 WIB
masjid masjid

RIAU24.COM - Tempat-tempat suci, apa pun kepercayaan atau denominasinya, tidak hanya menawarkan wawasan keagamaan, tetapi juga pemahaman sejarah yang lebih baik. 

Dan seperti banyak bangunan keagamaan lainnya di seluruh dunia, masjid sering kali bertindak sebagai lambang identitas budaya dan geografi kota. Simak mesjid-mesjid dengan label terindah sedunia.

1. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki

Dianggap sebagai salah satu struktur Ottoman klasik terakhir, Masjid Sultan Ahmet mendapat julukan sebagai Masjid Biru karena ubin Iznik biru yang menghiasi dinding interior. 

Sultan Ahmet I menugaskan pembangunan masjid pada tahun 1609 sebagai cara untuk menandai warisannya sebagai penguasa. Namun, pemimpin muda itu hanya dapat menikmati mahakarya arsitektur Islam untuk waktu yang singkat sebelum kematiannya yang terlalu dini pada tahun 1617, tahun yang sama ketika masjid itu selesai dibangun.

2. Masjid Nasir al-Mulk, Shiraz, Iran

Terletak di salah satu kota tertua di Iran, Nasir al-Mulk membanggakan reputasinya yang terkenal akan nadanya yang semarak dan fitur arsitektur yang tidak biasa. 

Tempat ibadah ini mendapat julukan "Masjid Merah Muda" karena ubin berwarna merah muda yang rumit menghiasi langit-langit dan lengkungan arab. Pada dini hari, sinar matahari menerobos melalui jendela kaca patrinya yang khas, menghiasi lantai permadani Persia dengan warna-warni yang mencolok.

3. Masjid Jama, Delhi, India

Dibangun antara tahun 1650 dan 1656 oleh Kaisar Shah Jahān, masjid marmer dan batu pasir merah merayakan kemewahan arsitektur dan desain Moghul. 

Struktur megah menyediakan tempat perlindungan tenang yang sangat dibutuhkan dari hiruk pikuk Old Delhi, dengan ruang doa yang mengejutkan yang dapat menampung 25.000 orang, empat menara pengawas, dan dua menara. 

4. Masjid Shah, Isfahan, Iran

Masjid Shah yang terkenal berdiri sebagai landmark arsitektur dan seni dekoratif Persia di pusat Alun-Alun Naqsh-e Jahan Isfahan. Dibangun pada awal abad ke-17, masjid ini menampilkan haft rangi, atau gaya tujuh warna, dari mosaik ubin, di mana gambar-gambar dilukis pada ubin persegi panjang dalam nuansa hitam, putih, biru laut, pirus, merah, kuning, dan coklat kekuningan.

5. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Kemegahan meletus dari Pulau Abu Dhabi sebagian berkat mahakarya budaya dan agama kota, Masjid Agung Sheikh Zayed. 

Dengan 82 kubah marmer putih yang dipegang oleh 1.096 kolom eksterior, 96 kolom internal bertatahkan permata semimulia, tujuh lampu kristal Swarovski berlapis emas 24 karat, dan karpet terbesar di dunia di aula doa utamanya, tempat suci yang mewah ini menangkap keindahan dan inovasi desain Islam modern.

 

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...