4 Hal Unik Mengenai Jepang, Nomor 1 Bikin Ilmuwan Penasaran

Minggu, 19 September 2021 | 12:55 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Jepang yang dijuluki Negeri Matahari Terbit adalah salah satu negara dengan teknologi paling maju di dunia dengan ekonomi stabil dan makmur, tingkat kejahatan yang rendah, dan populasi pekerja keras. 

Jepang seluruhnya terdiri dari pulau-pulau yang terletak di Samudra Pasifik. Negara ini juga memiliki pemandangan yang spektakuler. 

Baca Juga: Kamu Suka Warna Biru? Ternyata Ini yang Terbaca dalam Karaktermu

Berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang Jepang.

1. Umur yang sangat panjang

Rata-rata, orang Jepang hidup hingga umur 83 tahun, salah satu harapan hidup tertinggi di dunia. Okinawa sering disebut tanah abadi karena memiliki populasi orang tua yang besar. 

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mempelajari kebiasaan orang Jepang untuk menemukan rahasia umur panjang mereka. Diyakini bahwa pola makan mereka sangat berpengaruh dalam hal ini.

Baca Juga: Terungkap! 3 Miliar Orang Saat Ini Tak Pernah Sekalipun Mengakses Internet, Kenapa?

2. Lagu kebangsaan terpendek di dunia

Jepang memiliki lagu kebangsaan terpendek dan salah satu lagu kebangsaan tertua di dunia. Lagu berjudul Kimigayo hanya memiliki empat baris yang berarti Pemerintahan Yang Mulia. Lagu ini berasal dari puisi Jepang kuno yang ditulis sekitar tahun 794 hingga 1185.

3. Asal muasal kerajinan origami

Origami, seni melipat kertas, sering dikaitkan dengan budaya Jepang. Origami bertujuan untuk melipat selembar kertas biasa menjadi patung yang indah dan menarik serta desain yang rumit.

Secara tradisional, origami telah dipraktikkan di Jepang sejak zaman Edo pada awal abad ke-17.

4. Rawan Bencana Alam

Jepang terletak di salah satu wilayah paling berbahaya di dunia dalam hal bencana alam. Seluruh negeri-nya berada di Cincin Api Pasifik, sebuah area yang sangat rentan terhadap aktivitas tektonik yang menyebabkan letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami. 

Ditambah Jepang memiliki sekitar 108 gunung berapi aktif. Bencana alam melanda Jepang beberapa kali di masa lalu tetapi orang-orang Jepang selalu berhasil dengan cepat memulihkan dan membangun kembali bangsa mereka.

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...