Siapa Bilang Bermalas-malasan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, 4 Hal Ini Buktinya

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10:12 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Tidur siang sampai ngemil atau rebahan sering dicap tak sehat karena lebih sering disebut sebagai pemalas.

Padahal dibalik semua itu bermalas-malasan memiliki dampak positif terutama bagi kesehatan.

Berikut dampak positif yang bisa terjadi bagi tubuh saat kita bermalas-malasan dikutip dari Self, Social Science Research Network, SSRN Electronic Journal dan Idntimes.

Baca Juga: Resep Oseng Tempe Pedas

1. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Dilansir Self, stres terbukti memicu masalah kulit, seperti psoriasis, jerawat, eksem, dan rosasea. Itu terjadi karena stres memicu inflamasi.

Ada banyak kondisi kulit yang terkait dengan pelepasan bahan kimia akibat inflamasi. Untuk itu, tidak ada salahnya menjauhi situasi yang membuat stres dan meluangkan waktu sejenak untuk bersantai dan memanjakan kulit.

2. Baik Untuk Kesehatan Mental

Menurut ulasan dalam Social Science Research Network, bermalas-malasan mungkin merupakan hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan mental kita.

Menjaga diri tetap sibuk bisa menjadi mekanisme pertahanan yang efektif untuk menangkal pikiran dan perasaan yang mengganggu. Namun, dengan beralih ke perilaku seperti maniak, kita sudah menekan kebenaran perasaan dan kekhawatiran kita, secara sadar atau tidak sadar menghindari periode pikiran asosiatif bebas yang tidak terputus.

3. Sebagai Cadangan Energi

Istirahat dan bermalas-malasan dianggap sebagai sesuatu yang berbeda, tetapi keduanya memiliki efek positif serupa. Misalnya, sebuah penelitian ekstensif dalam jurnal Health Education Research tahun 2013 menunjukkan adanya manfaat tidur siang dan istirahat teratur, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga menjernihkan pikiran.

Jadi, jika pikiranmu penat karena lelah bekerja pada siang hari, jangan memaksakan diri untuk terus bekerja. Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak dan nantinya kamu akan siap bekerja dengan pikiran yang lebih segar dan jernih.

Baca Juga: Resep Lapis Daging khas Surabaya

4. Dapat Membuat Pikiran Menjadi Bebas

Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam SSRN Electronic Journal tahun 2014, bersantai dapat menghasilkan keajaiban bagi kreativitas. Penelitian psikologis tersebut menunjukkan bahwa tidak melakukan apa-apa sangat penting untuk kreativitas dan inovasi.

Dengan kata lain, saat kamu sedang membutuhkan inspirasi, kamu tidak perlu memaksa diri untuk terus berpikir dan bergerak ke sana ke mari. Sebab, ketidakaktifan sebenarnya dapat menumbuhkan wawasan, penemuan, atau melodi baru.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...