Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:38 WIB
google google

RIAU24.COM - Cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan penting dikenali untuk mencegah kepanikan di masa depan jika mengalami kejadian tersebut.

Anda bisa jadi terganggu akibat adanya duri atau tulang ikan yang tak sengaja tersendat di tenggorokan.

Tulang ikan yang tersangkut di tengggorokan biasanya tak akan langsung menyebabkan masalah medis apapun. Namun, kejadian itu memang bisa menimbulkan ketidaknyamanan atau begitu menganggu.

Beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda mengalami kejadian duri ikan tersangkut di tenggorokan, yakni:

Baca Juga: Bangun Tidur Terus Mimpi Tentang Pernikahan Orang Lain, Ini Artinya

1. Batuk yang Kencang

Cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan yang utama adalah batuk. Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

2. Minum air garam

Jika dengan batuk duri ikan tak kunjung hilang, kamu dapat minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam. Apabila tulang ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

3. Menelan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pelumas alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Cobalah untuk menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung, atau mencampurkannya terlebih dulu dengan air hangat.

4. Menelan marshmallow

Kamu dapat menelan marshmallow sebagai cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Kemudian, kunyah marshmallow, tetapi jangan sampai halus atau bahkan biarkan sedikit kasar, lalu telan.

5. Makan buah pisang

Baca Juga: Cara Membuat Tumis Ikan Asin Untuk Makan Siang Hari Ini

Selain marshmallow, kamu bisa makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup lembap akibat tercampur dengan air liur, telan pisang tersebut secara perlahan. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan nasi. Kunyahlah sekepal nasi, lalu telan secara bersamaan.

6. Menelan roti dan air

Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga menjadi cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Metode ini memungkinkan duri ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...