Supaya Tak Mudah Tersinggung Dengan Sikap Orang Lain, Coba Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:36 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Merasa tersinggung karena perkataan atau perbuatan seseorang merupakan hal yang biasa. Orang yang mudah tersinggung biasanya memiliki hati yang sensitif dan mudah tersentuh, sehingga dalam menanggapi sesuatu mereka cenderung mengedepankan perasaan daripada logika.

Supaya kamu tidak menjadi orang yang mudah tersinggung, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti disadur dari Fimela.com.

Baca Juga: Resep Oseng Tempe Pedas

1. Memahami karakter orang di sekitarmu
Terkadang, yang membuat kita merasa tersinggung adalah karena terlalu menaggapi serius perkataan orang di sekitar kita. Padahal, bisa jadi mereka memang suka bercanda. Jadi, kamu harus memahami karakter mereka agar tidak mudah tersinggung atau terbawa perasaan.

2. Berpikir positif
Hal lain yang membuat seseorang mudah tersinggung adalah pikiran kita sendiri. Mungkin orang lain tidak bermaksud mmembuatmu tersinggung tetapi kamu terlalu jauh memikirkan perkataannya. Untuk itu, cobalah untuk selalu berpikir positif dan biasakan untuk tidak terlalu memasukkan ke dalam hati semua perkataan orang lain.

3. Bersikap cuek
Terkadang untuk menjadi orang yang bahagia, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjadi orang cuek. Tidak terlalu memikirkan apa yang orang lain katakan pada kita, termasuk penilaian mereka adalah cara untuk menjalani hidup yang tenang dan bebas rasa khawatir. Kalau sudah menjadi orang yang bodo amat, kamu akan bisa melakukan apa saja yang membuatmu senang.

Baca Juga: Resep Lapis Daging khas Surabaya

4. Belajar bersabar
Bersabar adalah hal yang sulit untuk kita lakukan, tapi ini adalah hal yang harus kamu usahakan jika ingin menjalani hidup yang lebih baik. Kalau kamu marah, cobalah untuk menahan emosimu untuk melakukan tindakan yang buruk. Ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar memiliki hati yang lapang.

5. Mengedepankan logika
Hal selanjutnya yang membuat kita mudah tersinggung adalah karena kita lebih mengedepankan perasaan daripada logika. Sehingga kita sulit berpikir sehat dan membuat kita jauh dari kebenaran. Jadi, usahakan sebisa mungkin saat kamu mulai tersinggung, kedepankan logika daripada emosi. Ini akan membuatmu dapat berpikir jernih.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...