Kecubung, Tanaman yang Bisa Sebabkan Pemakainya Halusinasi Parah Hingga Kehilangan Nyawa

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:44 WIB
google google

RIAU24.COM - Terlihat cantik, tanaman berbunga mirip terompet, yakni kecubung malah bisa membuat Anda mabuk. Terkadang banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai pengganti efek euforia dan mabuk yang murah.

Bunga kecubung sendiri mengandung halusinogen dan narkotika yang berpotensi mematikan. Bunga beraroma harum ini mengandung skopolamin, halusinogen, dan narkotik.

Kandungan tersebut dapat menyebabkan keadaan seperti zombie di mana ditandai dengan halusinasi, amnesia, dan hilangnya kehendak bebas.

Baca Juga: Bangun Tidur Terus Mimpi Tentang Pernikahan Orang Lain, Ini Artinya

Melansir dari WebMD, terlepas dari masalah keamanan yang serius, orang menggunakan bunga kecubung untuk obat rekreasi yang menginduksi halusinasi dan euforia. Ini juga digunakan untuk asma dan kondisi lain, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung penggunaan ini.

Kecubung atau Datura metel adalah diperkirakan pertama kali dipakai sebagai obat-obat pada abad kesepuluh.

Bagian-bagian kecubung terutama bijinya, mengandung alkaloid yang berefek halusinogen dan menyebabkan kegilaan baik sementara atau permanen.

Selain itu juga, biji kecubung dapat memicu paralisis dan kematian.

Baca Juga: Cara Membuat Tumis Ikan Asin Untuk Makan Siang Hari Ini

Di dalam kecubung juga terkandung senyawa canthinone yang efeknya hampir sama dengan amphetamina serta bersifat stimulan, mengurangi nafsu makan dan euphoria (senang berlebih-lebihan) sehingga menyebabkan kecanduan psikologis.

Terdapat juga senyawa scopolamine dan antropine yang menyebabkan delirium halusinogen (halusinasi yang tidak bisa membedakan sama sekali antara nyata dan ilusi).

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...