Ikan Hias Koki Terkena Penyakit Dropsy, Ini Langkah Penyembuhannya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:48 WIB
Ikan Hias Koki Terkena Penyakit Dropsy, Ini Langkah Penyembuhannya (foto/int) Ikan Hias Koki Terkena Penyakit Dropsy, Ini Langkah Penyembuhannya (foto/int)

RIAU24.COM - Memelihara ikan merupakan hobi banyak orang bahkan sudah masuk ke bisnis. Ikan Koki termasuk paling banyak dipelihara di akuarium.

Dalam memelihara ikan hias tentu harus mengantisipasi penyakit. Dropsy atau penyakit sisik nanas termasuk salah satu jenis penyakit yang kerap mengintai ikan koki.

Dilansir dari akun instagram atau IG @nakamaaquatics.id, dropsy terjadi akibat tersumbatnya cairan pada rongga badan koki. Membuat keluar lendir dari koki itu sendiri tertumpuk sehingga badan koki terlihat lebih gemuk.

Baca Juga: Ketika Al-Qur'an Beri Warning Soal Bencana Alam Gunung Semeru: Sudah Diingatkan Lebih dari 1400 Tahun Lalu

"Ada ciri-cirinya pertama sisik terlihat menonjol keluar, nafsu makan menurun, mata ikan menonjol, dan pembengkakan pada bagian perut," sebut @nakamaaquatics.id.

Ternyata jika penyakit itu terjadi, harus diambil cepat langkah antisipasi. Yaitu seperti naikkan suhu air perlahan dengan ideal 27 derajat celcius. Tambah garam epsom ke dalam aquarium dan ganti air secara berkala.

Baca Juga: Ini Salah Satu Hubungan Terlarang Indonesia dengan Zionis Israel yang Pernah Diungkap ke Publik

Lakukan isolasi pada ikan sakit. Bersihkan akuarium lalu keringkan untuk beberapa saat sebelum mengganti air bersih.

Itulah cara menyembuhkan dropsy atau penyakit sisik nanas pada ikan hias koki di akuarium.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...